Harus dipikirkan sebelum memakai! Inilah 5 Efek Samping KB IUD

5 Efek samping KB IUD
5 Efek samping KB IUD
0 Komentar

sumedangekspres– 5 Efek samping KB IUD, sebelum memakai KB IUD kamu harus lebih teliti lagi mengenai efek sampingnya!

IUD (Intrauterine device) alias KB spiral adalah alat kontrasepsi yang banyak diminati wanita Indonesia karena efektif dan cara pasang IUD tergolong mudah. Tergantung dari jenis yang Anda ingin pasang, IUD bisa bertahan 3 hingga 10 tahun untuk mencegah kehamilan. Namun, sebaiknya ketahui dulu efek samping IUD atau KB spiral yang mungkin terjadi sebelum Anda mantap memutuskan untuk memakainya.

Apa saja efek samping IUD?
Sama seperti alat kontrasepsi lainnya, KB IUD (jenis IUD hormon atau tembaga) hadir dengan berbagai kekurangan dan kelebihan IUD. Tak lupa, kadang juga timbul satu atau lebih efek samping yang menyertai pemakaian KB spiral ini, antara lain:

Baca Juga:Efek Samping Skincare, Jenis Kulit Sensitif atau Berminyak Ternyata Harus Waspada Milih SkincareSinopsisTaming the Corrupted Full Episode Gratis

1. Rasa nyeri saat pemasangan IUD
Salah satu efek samping penggunaan KB spiral adalah rasa nyeri yang terasa saat pemasangan IUD. Meski tidak semua wanita mengalami hal ini, tapi kondisi ini adalah salah satu efek samping yang mungkin terjadi.

Biasanya, rasa sakit ini tidak bertahan dalam waktu yang lama, maka itu Anda tidak perlu risau. Bahkan, rasa sakit ini mungkin hanya akan bertahan beberapa saat saja. Meski begitu, Anda mungkin butuh didampingi oleh orang lain saat menjalani proses ini. Pasalnya, Anda mungkin tidak bisa pulang sendiri jika mengalami rasa nyeri atau sakit.

2. Menstruasi tidak teratur
Efek samping lain yang mungkin terjadi saat Anda menggunakan IUD adalah siklus menstruasi yang berubah menjadi tidak teratur. Biasanya, siklus menstruasi yang tidak teratur bergantung pada jenis KB spiral yang digunakan. Apalagi, mengingat bahwa terdapat dua jenis IUD yang bisa Anda gunakan.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan KB spiral hormonal, biasanya Anda akan mengalami perdarahan ringan tapi dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Sementara itu, saat Anda menggunakan KB spiral nonhormonal, Anda mungkin mengalami perdarahan yang lebih berat.

3. Kram perut setelah pemasangan IUD
Efek samping lain yang juga bisa Anda alami setelah menggunakan IUD adalah kram perut. Ya, Anda sangat mungkin mengalami sakit atau kram pada area perut setelah KB spiral dipasang di rahim Anda. Kram perut ini juga bisa muncul saat Anda sedang menstruasi.

0 Komentar