Apa Itu Kelenjar Getah Bening? Bagaimana Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Secara Alami?

Cara mengobati Kelenjar getah bening secara alami
Cara mengobati Kelenjar getah bening secara alami(lifepal.co.id)
0 Komentar

Adakah obat kelenjar getah bening bengkak yang alami?
Prinsip pengobatan kelenjar getah bening bengkak adalah mengobati sesuai penyebabnya serta meringankan gejala-gejala yang muncul.

Pada kondisi ringan, pembengkakan akan berkurang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Tentu saja hal ini perlu didukung dengan menerapkan gaya hidup sehat dan makan makanan yang bergizi.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kelenjar getah bening bengkak. Agar lebih pasti, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter apakah bahan herbal ini tersebut aman atau tidak untuk tubuh Anda. Berikut solusi alami ala pengobatan rumahan yang bisa membantu mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening.

Baca Juga:Pemandian Air Panas Bandung: Nikmati Kesegaran Badan Setelah Berendam!Harus dipikirkan sebelum memakai! Inilah 5 Efek Samping KB IUD

1. Air garam
Air garam dapat digunakan sebagai obat kelenjar getah bening bengkak. Pasalnya, garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi inflamasi (peradangan) dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara membuatnya adalah:

Masukkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga tercampur rata;
Setelah itu, gunakan air garam tersebut sebagai obat kumur;
Lakukanlah proses tersebut beberapa kali dalam sehari.
Air garam cocok digunakan untuk pembengkakan kelenjar getah bening pada daerah bawah rahang, dagu, dan amandel akibat berbagai masalah pada rongga mulut.
2. Air hangat
Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh membengkaknya kelenjar getah bening pada amandel dapat membuat Anda kehilangan selera dan nafsu makan. Cobalah untuk menggunakan air hangat sebagai kompres pada kelenjar getah bening yang bengkak.

Caranya pun sangat mudah, yaitu:

Siapkan semangkuk air hangat;
Celupkan kain lap atau handuk ke dalam air hangat dan peras;
Letakkan kain lap hangat tersebut pada kelenjar getah bening yang membengkak pada daerah leher atau di bawah rahang belakang selama 5 sampai 10 menit;
Ulangi beberapa kali sehari sampai pembengkakan hilang.
Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak alami lainnya ke dalam air hangat.

3. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kelenjar getah bening. Selain itu, bawang putih mengandung senyawa Allicin yang mampu menghilangkan tumpukan bakteri di tenggorokan atau leher.

0 Komentar