Bandung Punya Sejarah: Menyelusuri Wisata Sejarah di Museum Konferensi Asia Afrika

Menyelusuri Wisata Sejarah di Museum Konferensi Asia Afrika
Menyelusuri Wisata Sejarah di Museum Konferensi Asia Afrika
0 Komentar

Di perpustakaan ini juga terdapat dokumen-dokumen dan konferensi-konferensi pendahuluannya, majalah dan surat kabar yang disumbangkan dari lembaga lain atau diperoleh dengan pembelian.

Audiovisual
Bersamaan dengan pendirian perpustakaan, ruang audiovisual juga didirikan. Ruangan tersebut digunakan untuk menampilkan film-film dokumenter tentang kondisi dunia hingga tahun 1950-an, Konferensi Asia-Afrika, konferensi pendahulunya, serta film-film tentang budaya negara-negara peserta.

Riset dan Aktivitas
Museum Konferensi Asia-Afrika meningkatkan banyak penelitian tentang negara-negara Asia-Afrika dan negara-negara lain. Museum ini juga memfasilitasi para peneliti dan mahasiswa untuk melakukan penelitian tentang isu-isu dalam dan luar negeri.

Museum Konferensi Asia-Afrika menyediakan berbagai aktivitas meliputi:

Baca Juga:Citarasa Kuliner Unik Bandung : Makanan Kaki Lima Terlezat Rasa Bintang 5 di BandungMenyelusuri Kebun binatang Bandung: Banyak Atraksi Hewan yang Menakjubkan

Pemanduan. Pemanduan dilakukan kepada pengunjung, baik kunjungan resmi tamu pemerintah maupun kunjungan kelompok/umum.
Pameran Temporer. Museum Konferensi Asia-Afrika menyelenggarakan pameran temporer dalam upaya mengedukasi publik berkaitan dengan pelaksanaan politik luar negeri dan sejarah diplomasi Indonesia. Pameran temporer ini dilakukan juga di lokasi-lokasi di luar Museum Konferensi Asia-Afrika.
Komunitas. Di dalam Museum Konferensi Asia-Afrika terdapat komunitas masyarakat yang dibentuk atau didukung oleh meseum. Berbagai komunitas masyarakat ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai sejarah, politik internasional, wawasan kebangsaan mengingat tentang yang dihadapi dalam politik luar negeri Indonesia di masa yang akan datang, dalam diplomasi publik maupun diplomasi antar warga (citizen diplomacy). Beberapa kegiatan yang diselenggarakan bekerjasama dengan komunitas diantaranya: diskusi buku, diskusi film, berbagai festival, klub budaya, pameran, dan lain-lain.
Peran penting Museum Konferensi Asia-Afrika membawa dampak positif bagi dunia politik luar negeri Indonesia. Hingga kini, peristiwa historis tersebut dapat disimak melalui berbagai fasilitas di Museum Konferensi Asia-Afrika.

Itulah Menyelusuri Wisata Sejarah di Museum Konferensi Asia Afrika. Semoga bermanfaat!

0 Komentar