Asyiknya Mengunjungi Tempat-Tempat Bersejarah di Bandung Utara

Asyiknya Mengunjungi Tempat-Tempat Bersejarah di Bandung Utara
Asyiknya Mengunjungi Tempat-Tempat Bersejarah di Bandung Utara/GMaps
0 Komentar

sumedangekspres – Nah kalo kamu lagi cari Tempat-Tempat Bersejarah di Bandung Utara, kamu pilih artikel yang tepat!

Tanpa basa-basi nih, inilah beberapa tempat bersejarah yang ada di Bandung Utara guys:

1. Gua Belanda Utara

Alamat: Jl. Bukit Pakar Utara No.150, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198

Baca Juga:Pecinta Seni Sini Kumpul! Bisa Liat Pameran Seni dan Karya Seniman Lokal di BandungWAH Ternyata Seru Juga Ya Menyusuri Keindahan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Guys, Gua Belanda tuh ada di Bandung, dan ini salah satu tempat bersejarah yang dibangun sama Belanda zaman dulu, waktu mereka masih ngejajah Indonesia.

Jadi ceritanya, gua ini pertama kali dibangun tahun 1901, awalnya buat pembangkit listrik air gitu.

Tapi tahun 1918, Belanda ngelakuin renovasi gila-gilaan, tambahin lorong dan koridor di dalam gua ini yang ada di daerah Dago Pakar. Total ada 15 lorong dan 3 koridor, setiap koridor punya fungsi masing-masing.

Ada yang buat saluran air, ada yang buat ventilasi, trus yang satu lagi buat ruang interogasi, guys!

Masuk ke gua ini berasa kayak masuk ke dunia lain, dingin dan lembab, ditambah dengan reruntuhan sisa-sisa zaman Belanda yang masih ada di dalam gua.

Gua ini gede banget, sekitar 750 meter dan dibangun dari batu stupa yang katanya berasal dari gunung Krakatau. Jadi, gua ini bisa ceritain gimana para penjajah dulu ngelakuin aktivitas di Indonesia.

Tahun 1941, Belanda merubah fungsi gua ini dari saluran air jadi pusat komunikasi, katanya buat ngelawan perjuangan pejuang Indonesia yang lagi berontak.

Baca Juga:Jilbab Biru Langit Cocok dengan Baju Warna Apa Ya? Yuk Liat 9 Ide-nya!Tinggi Badan Thariq Halilintar Berapa? Yuk Intip Biodata Lengkapnya!

Tapi setelah kita merdeka, tahun 1985, Gua Belanda diubah jadi tempat wisata.

Sekarang jadi tujuan favorit buat wisatawan lokal maupun turis asing. Kawasannya juga cantik banget, hutan yang dirawat dengan baik, dan dinamain Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda. Keren, kan?

2. Gunung Tangkuban Parahu (Tangkuban Perahu)

Alamat: Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Guys, kalian pasti udah denger tentang Gunung Tangkuban Parahu, kan? Ini bukan cuma gunung biasa, tapi juga tempat sejarah yang seru buat dikunjungin.

Dulu, legenda lokal bilang kalo gunung ini punya kisah cinta tragis.

Di sini, kalian bisa ngeliat kawah-kawah vulkanik yang masih aktif, berasap dan beraroma belerang. Tempat ini juga punya beberapa cerita sejarah selama zaman kolonial Belanda.

0 Komentar