Generasi Muda Jangan Golput

Generasi Muda Jangan Golput
0 Komentar

sumedangekspres- KOTA – Peran generasi muda pada Pemilu 2024 mendatang sangat penting dan sangat menentukan kualitas demokrasi di Indonesia. Oleh karena itu, kalangan generasi muda diharapkan untuk berpartisipasi dalam perhelatan tersebut dan tidak menjadi golput.

Demikian ajakan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan saat melakukan Sosialisasi Pemilih Lemula pada Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di SMA Negeri 3 Sumedang, baru-baru ini.

“Hak pilih adik-adik menentukan arah bangsa ini di masa depan.  Untuk itu, harus cerdas dan tidak Golput. Karena sekecil apapun parsisipasi kalian dalam menggunakan hak pilihnya, akan berguna bagi kepentingan masyarakat. Walaupun tidak sekarang, bisa di masa yang akan datang,” ucapnya.

Baca Juga:Satpol PP Tindak Tegas PKL NakalWarga Keluhkan Akses Jalan dan  Air Bersih

Dikatakan Wabup, Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk lima tahun ke depan sehingga dalam penyelenggaraannya harus berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Untuk itu, dibutuhkan dukungan dan peran serta dari semua _stakeholders_ guna mensukseskan pesta demokrasi rakyat,” ujarnya.

Sosialisasi Pemilu kepada pemilih pemula merupakan bagian dalam pembelajaran berdemokrasi bagi generasi muda.

“Ini sangat penting karena merupakan bagian dari Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

Salah satunya dengan cara menjadi pemilih yang cerdas dan mengedepankan rasionalitas dalam menentukan pilihannya,” ungkap Erwan.

Sosialisasi mengenai tahapan Pemilu dan Pilkada serentak ini diharapkan Wabup menghasilkan pemilih pemula yang benar-benar paham akan perannya.

“Kami akan mengawal Pemilu dengan turut aktif mengedukasi orang di sekitarnya. Kita juga akan  membekali anak muda dengan pengetahuan politik yang sehat menjunjung norma dan beretika,” tuturnya.

Baca Juga:Jembatan Rusak Hambat Mobilitas EkonomiPolemik TPAS Cibereum Wetan Tak Kunjung Usai

Wabup berpesan, generasi muda jangan terpancing dengan narasi-narasi negatif, tetapi tetap mengikuti aturan yang benar karna tonggak kepemimpinan ditentukan oleh anak muda.

“Jadilah pemilih pemula yang rasional, mandiri dan bertanggung jawab sesuai dengan nila-nilai kebangsaan dan demokrasi,” ungkap Wabup.

Dia berharap, diantara para siswa yang hadir ada calon-calon pemimpin masa depan

“Mudah-mudahan adik-adik akan menjadi pemimpin masa depan dan menjadi penerus saya, Bupati, Gubernur bahkan Presiden. Karena masa depan bangsa ini ada di tangan kalian semua,” pungkas Wabup (rls).

0 Komentar