5 Makanan Khas Indramayu Pastikan Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup, Yuk Kepoin Makanan Apa aja sih?

5 Makanan Khas Indramayu Pastikan Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup, Yuk Kepoin Makanan Apa aja sih?
5 Makanan Khas Indramayu Pastikan Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup, Yuk Kepoin Makanan Apa aja sih? (Google MAPS)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut 5 Makanan Khas Indramayu Pastikan Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup, Yuk Kepoin Makanan Apa aja sih?

Indramayu, sebagai kota yang kaya akan tradisi kuliner, tidak hanya menjadi tempat para pecinta kuliner, namun juga menjadi destinasi kuliner yang menghidupkan keberagaman budaya Indonesia. Dalam setiap hidangan, kita bisa menemukan perspektif kekayaan warisan kuliner yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Masakan Indramayu menjadi bukti nyata bagaimana makanan dapat mencerminkan identitas dan sejarah suatu daerah. Di balik kelezatan hidangan tersebut, terlihat jejak perjalanan panjang budaya dan tradisi yang telah melahirkan banyak kreasi kuliner menarik.

Baca Juga:10 Makanan Khas Subang Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Kabupaten Subang, Jawa BaratHarga Uang Kuno Indonesia Termahal Yang Bisa Kamu Beli di E-Commerce Indonesia, Yuk Kepoin Selengkapnya!

Hal ini merupakan bukti bahwa pangan bukan sekedar kebutuhan fisik namun juga merupakan bagian tak terpisahkan dari ekspresi budaya. Saat kita mencicipi masakan khas Indramayu, kita juga mengapresiasi keberagaman budaya Indonesia yang tumbuh subur di berbagai daerah.

Mulai dari nasi lengko yang luar biasa hingga tahu gejrot yang menggiurkan, setiap hidangan menceritakan kisah menarik tentang peran warisan kuliner dalam menjaga identitas dan memperkaya budaya Indonesia.

Nasi Lengko khas Indramayu

Hidangan khas Indramayu ini cukup terkenal. Lengko atau dikenal juga dengan Nasi Lengko merupakan masakan yang menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya, ditambah dengan sayuran lainnya. Di Indramayu, masakan ini dijadikan menu sarapan.

Bahan tambahan yang sering ditambahkan pada masakan ini antara lain tahu goreng, tempe goreng, dan beberapa sayuran lainnya seperti irisan timun mentah dengan tauge rebus dan daun bawang yang dipotong kecil-kecil.

Bumbu atau sambal yang digunakan adalah sambal kacang seperti rujak atau pecel. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Sama dengan tambahan kecap.

Rumbah (lotek indramayu)

Rumba ini mirip dengan lotek di Bandung atau Gado-gado di Jakarta. Hidangan ini menggunakan sayur-sayuran yang dikukus/direbus terlebih dahulu, lalu ditaburi saus kacang. Sayuran yang biasa digunakan untuk masakan ini antara lain kangkung, kacang panjang, tauge, kol, mentimun dan beberapa sayuran lainnya.

0 Komentar