Harga Bikin Geleng-geleng Kepala! ini Daftar Uang Koin Kuno Arab Termahal Pada Masa Peradaban Islam

Harga Bikin Geleng-geleng Kepala! ini Daftar Uang Koin Kuno Arab Termahal Pada Masa Peradaban Islam
Harga Bikin Geleng-geleng Kepala! ini Daftar Uang Koin Kuno Arab Termahal Pada Masa Peradaban Islam (ist/Ashmolean Museum, University of Oxford)
0 Komentar

sumedangekspres – Harga Bikin Geleng-geleng Kepala! ini Daftar Uang Koin Kuno Arab Termahal Pada Masa Peradaban Islam.

Pada tanggal 22 Oktober, di London, Inggris, sejumlah 5 uang koin kuno Arab paling berharga dalam sejarah masa peradaban Islam dilelang dengan harga 1 juta dolar AS atau sekitar Rp.14,78 miliar (dengan kurs Rp.14.759).

Uang-uang koin ini menjadi bagian dari koleksi Morton & Eden, yang secara rutin mengadakan lelang barang-barang bersejarah. Berikut adalah daftar uang koin kuno Arab yang paling berharga dalam sejarah masa peradaban Islam.

Baca Juga:8 Uang Kuno Indonesia yang Paling Dicari Kolektor, Siapapun yang Punya Akan Kaya Mendadak!Uang Koin 100 Yen Berapa Rupiah? Simak di Sini Update Terbarunya!

Uang koin kuno Arab ini adalah dinar emas yang dicetak pada tahun pertama ketika koin Islam murni diproduksi. Tipe koin ini tidak pernah digantikan sampai jatuhnya Kekhalifahan Umayyah pada tahun 132 H.

Koin ini juga diakui sebagai pencapaian desain yang penting, karena tiga dari empat prasasti yang digunakan pada dinar Islam pertama tersebut juga ditemukan pada koin terakhir Abbasiyah yang dikeluarkan hampir 6 abad setelahnya.

2. Standing Caliph

Uang koin kuno Arab termahal di masa peradaban Islam berikutnya merupakan drachma perak yang dijuluki “Standing Caliph”, yang diedarkan selama Kekhalifahan Arab-Sassanid.

Dinamakan demikian karena menggambarkan sosok seorang khalifah berdiri dengan pedang di tangannya, sebuah tampilan kekuatan Islam yang mengesankan.

Koin tersebut sangat langka dan kemungkinan besar ditemukan pada masa pemerintahan Khalifah Abd al-Malik di Damaskus. Koin tersebut akan dilelang seharga £ 150.000-200.000 atau sekitar Rp 2,94 hingga 3,92 miliar.

3. Solidus Emas

Uang koin kuno Arab ketiga merupakan solidus emas dari tahun 680-an atau 60-an. Koin ini adalah koin emas pertama yang dikeluarkan oleh umat Islam yang menaklukkan sebagian besar Kekaisaran Bizantium termasuk Suriah, Yordania, Libanon, dan Mesir.

Koin ini akan dilelang dalam kisaran harga £60.000 hingga £80.000 atau sekitar Rp 1,17 hingga 1,56 miliar.

4. Drachm Perak Ikonografi Militer

Baca Juga:Tanda Keberuntungan, ini Arti Mimpi Memungut Uang KoinRead Manhwa PLACEBO Chapter 17 Sub Indo

Uang koin kuno Arab keempat adalah drachma perak dengan ikonografi militer. Koin itu adalah salah satu drachma Arab-Sassania terakhir yang diterbitkan. Koin tersebut dilelang seharga £120.000-150.000 atau sekitar Rp2,35 sampai 2,94 miliar.

0 Komentar