Benarkah Uang Koin 500 Rupiah Bisa Ditukar Dengan 750 Ribu

Benarkah Uang Koin 500 Rupiah Bisa Ditukar Dengan 750 Ribu
(commons.wikimedia.org)Benarkah Uang Koin 500 Rupiah Bisa Ditukar Dengan 750 Ribu
0 Komentar

sumedangekspres – Benarkah Uang Koin 500 Rupiah Bisa Ditukar Dengan 750 Ribu, gak tau nih kalian pernah denger atau enggak, tapi lagi rame banget nih di media sosial soal uang logam Rp500 yang katanya bisa ditukar jadi Rp750 ribu di Bank Indonesia (BI).

Tergolong seru ya mendengar berita ini tapi sebelum kita ikut serta euforia mending kita cek dulu benar atau bohong.

Pada awalnya uang koin 500 rupiah itu kan dulu banget ya, tepatnya tahun 1990 an. Berarti uang ini udah berumur lebih dari tiga dekade.

Baca Juga:Uang Koin 100 Rubel Rusia Jika Dijual Setara Dengan HargaOh Ternyata Segini Uang Koin China 100 Yen Setara Dengan

Udah pasti banyak yang telah hilang, rusak atau mungkin terkubur dalam tumpukan koin di rumah nenek kita.

Jadi pertanyaanya emang masih ada ga sih yang punya kumpulan uang koin ini?

Nah kemudian soal bisa engganya di tukar jadi 750 ribu ini yang ada bikin heboh. Bank Indonesia sendiri udah mengklarifikasi bahwa isu ini beneran atau tidak.

Dan jawabanya yaitu gabenar ya. BI ini telah menjelaskan bahwa uang koin 500 rupiah ini tetep punya nilai nominal 500 aja.

Jadi tidak mungkin deh tiba-tiba bisa di tukar dengan 750 ribu.

Kalau dilihat secara logika, kalo uang koin Rp500 bisa ditukar jadi Rp750 ribu, berarti kita bisa jadi kaya raya hanya dengan ngumpulin sejuta rupiah, kan?

Nah, itu kayaknya terlalu bagus buat jadi kenyataan. Kalo emang ada yang bisa ditukar dengan nilai segitu, pasti banyak yang berusaha cari-cari uang logam ini.

Selain itu, uang logam Rp500 itu kan udah gak beredar lagi. Artinya, BI udah ngeluarin uang-uang logam yang lebih baru dan canggih.

Baca Juga:Uang Koin 1000 Rupiah Angklung Ludes Di Incar KolektorBerbagai Macam Gambar Uang Kuno Indonesia

Jadi, secara praktisnya, mungkin kita gak akan nemuin uang logam ini lagi di pasar. Dan kalo gak ada yang jual, gimana mau beli?

Nah, sekarang kita bicara soal nilai koleksi. Iya, ada yang koleksi uang-uang logam, dan ada yang ngejar-ngejar uang logam langka.

Tapi untuk bisa dapetin harga segitu tinggi, uang logam ini harus dalam kondisi yang super bagus dan langka banget.

0 Komentar