Ada yang Harganya Rp 142,6 Miliar, Ini Uang Koin Termahal di Dunia

Ada yang Harganya Rp 142,6 Miliar, Ini Uang Koin Termahal di Dunia
Ada yang Harganya Rp 142,6 Miliar, Ini Uang Koin Termahal di Dunia (ist/usacoinbook.com)
0 Komentar

Namun, petisi tersebut ditolak ketika New York memutuskan untuk tidak terlibat dalam bisnis penerbitan koin tembaga.

Brasher membuat beberapa jenis koin tembaga, serta sejumlah kecil koin emas, dalam beberapa tahun berikutnya.

Koin ini memiliki nilai delapan escudo Spanyol atau enam belas dolar Spanyol ($16), dan memiliki nama yang membingungkan dalam nomenklatur kolonial Inggris, awalnya disebut “double doubloon” sebelum akhirnya disebut “Spanish doubloon”.

Baca Juga:Wadaw! Ini Dia Cara Download Video DoodStream APKDi Luar Nurul, Uang Koin Termahal di Dunia ini Ada yang Harganya Rp 142,6 Miliar

Untuk menghindari kebingungan, koin senilai $4 disebut “common doubloon” atau hanya “doubloon”, sedangkan koin senilai $16 disebut “doubloon of eight” (escudo).

Salah satu koin emas yang masih ada, dengan berat 26,6 gram dan terbuat dari emas 0,917 (22 karat), dijual dalam lelang umum dengan harga $625.000 pada Maret 1981.

8. Saint-Gaudens Double Eagle (1907)

Uang koin kuno termahal berikutnya adalah Saint-Gaudens Double Eagle, dengan nilai US$7,6 juta atau sekitar Rp108,4 miliar.

Saint-Gaudens Double Eagle adalah koin yang sulit diproduksi dalam jumlah besar karena desainnya yang rumit. Kesulitan produksi membuat produksi uang ini dihentikan.

Saint-Gaudens double eagle adalah koin emas dua puluh dolar atau biasa disebut elang ganda, yang diproduksi United States Mint dari tahun 1907 hingga 1933.

Koin ini diberi nama sesuai nama perancangnya yaitu seorang pemahat patung Amerika, Augustus Saint-Gaudens, yang merancang bagian depan dan belakang koin itu.

Oleh banyak orang koin ini dianggap koin paling indah di Amerika Serikat.

Baca Juga:Mimpi Memungut Uang Koin di Tanah Bisa Jadi Tanda KeberuntunganGambar Uang Koin Korea : Mengungkap Sejarah dan Kecantikannya

Ketika pertama kali dirilis koin ini mengalami sedikit kontroversi karena tidak ada tulisan semboyan negara Amerika “In God We Trust” di koin itu.

Tidak adanya tulisan semboyan negara Amerika Serikat itu atas permintaan presiden Theodore Roosevelt yang juga merupakan teman akrab Augustus Saint-Gaudens.

Presiden Roosevelt berpendapat bahwa kehadiran moto pada koin adalah suatu penghinaan terhadap nama Tuhan, karena koin itu mungkin digunakan untuk kegiatan kriminal.

Kongres Amerika akhirnya turun tangan meminta untuk menuliskan semboyan di koin itu. Koin elang ganda merupakan koin emas utama yang digunakan dalam perdagangan internasional hingga tahun 1933 dan koin elang ganda emisi tahun 1933 adalah koin elang ganda paling berharga di Amerika Serikat.

0 Komentar