Edukasi Dan Pelatihan Orangtua Siswa  Membuat Kreasi Makanan  Proti Untuk Bekal Sekolah Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Edukasi Dan Pelatihan Orangtua Siswa  Membuat Kreasi Makanan  Proti Untuk Bekal Sekolah Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting
0 Komentar

sumedangekspres– Pada tanggal 17-18 juni lalu, Program studi  S2 Pendidikan Jasmani Sekolah pasca Sarjana UPI Sumedang, melakukan kegiatan Pengabdian kepeda Masyarakat (P2M) di Kabupaten Bandung.

Kegiatan P2M dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SDN

Rancakasumba 01 Solokan Jeruk Majalaya Ibu Hj. Elis Mustikawati, S.Pd., M.M.Pd. bersama Ketua MWA UPI Prof. Dr. Tatang Muhtar, M.Si.,bertempat di Aula SDN Rancakasumba 01 pada tanggal 17 Juni 2023.

Kegiatan P2M oleh Prodi S2 Pendidikan Jasmani UPI-Sumedang, mengambil tema Edukasi Dan Pelatihan Orangtua Siswa  Membuat Kreasi Makanan  Proti Untuk Bekal Sekolah Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting.

Baca Juga:Dua Hektare Lahan TerbakarIkhtiar Fisik dan Spiritual di Musim Kemarau

Kegiatan P2M secara luring diselenggarakan di SDN Rancakasumba 01 Solokan Jeruk Majalaya yang dihadiri oleh 16 orang guru SD dan 20 orang orangtua siswa SDN Rancakasumba 01 yang menjadi perwakilan dari wali siswa.

Tema dan materi kegiatan P2M yang dipilih merupakan sebuah upaya untuk memberikan kontribusi kepada Masyarakat khususnya para guru dan orangtua siswa untuk memperoleh edukasi dan keterampilan dalam membuat kreasi makanan Proti (protein tinggi) sebagai bekal sekolah.

Makanan proti merupakan makanan dengan asupan gizi yang memadai dan sangat dibutuhkan anak sekolah untuk pertumbuhan dan perkembangan serta mencegah anak dari stunting. Pada akhirnya secara luas stunting akan dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan memperlebar ketimpangan.

Pengetahuan ibu yang baik tentang nutrisi diharapkan dapat mempengaruhi perubahan sikap dan perilakunya dalam menyediakan makanan yang sehat untuk anak dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga perilaku ibu dan lingkungan dalam keluarga memainkan peran penting dalam menyusun makanan dan mengenalkan anak dengan makanan sehat bergizi setiap harinya.

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ” Edukasi dan Pelatihan Orangtua Siswa Membuat Kreasi Makanan Proti (Protein Tinggi) Untuk Bekal Sekolah Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting” merupakan salah satu kontribusi dan kolaborasi yang nyata antara akademisi (S2 Prodi Pendidikan Jasmani-UPI Sumedang) dengan masyarakat untuk bersama membantu Pemerintah dalam menangani stunting di Indonesia.

Tentunya peran serta orangtua dan masyarakat sekitar juga sangat dibutuhkan dalam menanggulangi permasalahan ini. Harapannya dengan kegiatan ini, orangtua dapat mempraktikan kreatifitas dan menarik dalam penyajian bekal anak ke sekolah, yang juga terpenuhi kebutuhan gizi anak terutama Protein Tinggi “Proti”.

0 Komentar