Pengertian Sertifikat badan usaha adalah

Pengertian Sertifikat badan usaha adalah
Pengertian Sertifikat badan usaha adalah(http://perizinanperusahaan.net/sbu/)
0 Komentar

sumedangekspres– Pengertian Sertifikat badan usaha adalah, Setiap penyedia jasa konstruksi asing dan lokal yang memberikan layanan jasa konsultan konstruksi atau pekerjaan konstruksi yang bersifat umum atau spesialis termasuk pekerjaan konstruksi terintegrasi (EPC) harus memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) Konstruksi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko.

Sertifikat Badan Usaha (SBU) Konstruksi adalah tanda bukti pengakuan terhadap klasifikasi dan kualifikasi atas kemampuan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) yang diterbitkan OSS RBA melalui proses sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) sebagai standar perizinan berusaha bidang jasa konstruksi.

SBU Konstruksi diberikan kepada penyedia jasa konstruksi sebagai standar perizinan berusaha dan legalitas badan usaha jasa konstruksi (BUJK) berdasarkan jenis usaha, klasifikasi dan subklasikasi mengacu pada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indoneia (KBLI) bidang usaha jasa kontruksi dengan kualifikai kecil, menengah dan besar.

Baca Juga:Ingin punya uang dari hasil ngegame sambil rebahan? Inilah Game yang menghasilkan uangBeberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain kecuali…

SBU Jasa Konstruksi ini dikeluarkan oleh LSBU – Lembaga Sertifikat Badan Usaha yang di Akreditasi oleh LPJK PUPR kepada :

BUJK Nasional
BUJK PMA
BUJK Asing

Dasar Hukum SBU Konstruksi
PP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Bagian Kesembilan

Surat Edaran No. 30/SE/M/2020, tentang Transisi Layanan Sertifikasi Badan Usaha Dan Sertifikasi Kompetensi Kerja Jasa Konstruksi

Permen PUPR No. 8 Tahun 2022, tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemenuhan Sertifikat Standar Jasa Konstruksi dalam Rangka Mendukung Kemudahan Perizinan Berusaha, Bagi Pelaku Jasa Konstruksi

Manfaat dan Kegunaan SBU
Berikut manfaat dan kegunaan Sertifikat Badan Usaha untuk bisnis :

Sebagai bukti Kompetensi Usaha
Meningkatkan Kredbilitas
Salah satu Kualifikasi Ikut Tender

Kualifikasi SBU
Kualifikasi SBU dinilai dari kemampuan keuangan ini dilihat dari Modal Disetor dalam AKTA perusahaan atau Nilai Kemampuan Keuangan.

Baca Juga:Contoh studi kelayakan bisnis: Penting dipersiapkan dari awalUsaha Memprediksikan jodoh: Simak penjelasan berikut!

1. Usaha Kecil
Adapun maksud dari usaha kecil merupakan usaha dengan modal kurang dari 2,5 miliar.

2. Usaha Menengah
Adapun maksud dari usaha kecil merupakan usaha dengan modal kurang dari 2,5 miliar.

3. Usaha Besar
Apabila nilai dari proyek tidak terbatas dengan angka tertentu.

Permohonan SBU Konstruksi
Sebelum mengajukan permohonan SBU Konstruksi setiap BUJK harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan KBLI sesuai klasifikasi usaha jasa konsultan konstruksi, pekerjaan konstruksi atau pekerjaan konstruksi terintegrasi.

0 Komentar