Pj Bupati Minta Pj Sekda Kuasai Visi Pembangunan

ARAHAN: Pj Bupati Herman Suryatman usai melantik Pj Sekda Sumedang, Tuti Ruswati di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, kemarin.
ARAHAN: Pj Bupati Herman Suryatman usai melantik Pj Sekda Sumedang, Tuti Ruswati di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres- Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman menekankan kepada Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang, Tuti Ruswati untuk menguasai arah tujuan pembangunan. Mulai dari pemerintahan nasional Menuju Indonesia Maju, Provinsi Jawa Barat Jabar Juara hingga Sumedang Simpati.

“Kuasai visi daerah, kuasai visi provinsi dan kuasai juga visi nasional, karena Kabupaten Sumedang merupakan bagian dari Jawa Barat dan NKRI,” kata Herman usai melantik Pj Sekda Sumedang, Tuti Ruswati di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Rabu (4/10).

Sekda, kata Herman, harus bersikap komprehensif dan tidak boleh parsial.

“Karena hari ini zamannya hanya bisa kalau kita berkolaborasi, yaitu harus tahu tujuan pemerintahan,” terangnya.

Baca Juga:Momentum untuk Melakukan Perubahan di RSUDEdukasi Dan Pelatihan Orangtua Siswa  Membuat Kreasi Makanan  Proti Untuk Bekal Sekolah Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Untuk tahu tujuan pemerintahan, pihaknya telah menekankan  di dalam indikator kinerja pembangunan daerah, bahkan sampai tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dengan istilah yang disebut indikator kinerja utama.

“Sekda harus tahu, indikator kinerja pembangunan daerah, terkait dengan angka kemiskinan, Stunting, pengangguran, indeks pembangunan manusia, laju pertumbuhan ekonomi serta indeks gini (salah satu alat yang mengukur tingkat kesenjangan pembagian pendapatan relatif antar penduduk suatu wilayah),” paparnya.

Selain paham tujuan yang akan dicapai, kata Herman, seorang Sekda juga harus mampu mengidentifikasi potensi baik yang ada di dalam tubuh pemerintahan serta peluang yang ada di luar pemerintahan.

“Sunsu mengatakan, kalau ingin memenangkan peperangan, pertama pahami diri sendiri, kedua pahami lawan dan ke tiga kuasai situasi dan kondisi lapangan, niscaya bakal bisa memenangkan peperangan,” ujarnya.

Yang jelas, sambung Herman, peperangan zaman sekarang dalam konteks yang berbeda. Jika dulu peperangan dengan penjajah tetapi sekarang berperang melawan Stunting, kemiskinan dan pengangguran.

“Kuasai datanya, kenapa ada stunting, siapa saja yang stunting dan apa penyebabnya. Begitu juga dengan kemiskinan dan pengangguran,” tuturnya.

Di tempat sama, PJ Sekda Sumedang, Tuti Ruswati mengaku siap berkolaborasi dengan semua pihak, dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Baca Juga:Dua Hektare Lahan TerbakarIkhtiar Fisik dan Spiritual di Musim Kemarau

“Karena ini tugas yang tidak mudah, sehingga harus mendapat dukungan dari seluruh kepala SKPD, pada sekretaris dan jajaran sampai ke bawah, para birokrat serta stake holder lainnya, ujar Tuti.

0 Komentar