Jadi Kawasan Industri, Ujungjaya Soroti SDM

NET ILLUSTRASI SARANA PENDUKUNG: Jalan Tol Cisumdawu yang melintas di kawasan Ujungjaya akan menjadi sara pendukung terbentuknya kawasan Industri Butom.
NET ILLUSTRASI SARANA PENDUKUNG: Jalan Tol Cisumdawu yang melintas di kawasan Ujungjaya akan menjadi sara pendukung terbentuknya kawasan Industri Butom.
0 Komentar

sumedangekspres– Wilayah Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang akan menjadi salah satu kawasan industri ‘Butom’ (Buahdua, Ujungjaya dan Tomo). Menjelang menjadi kawasan Industri Butom, Sumber Daya Manusia (SDM) di Kecamatan Ujungjaya, menjadi sorotan tokoh masyarakat sekaligus sesepuh Masyarakat Adat Ujungjaya, Aah Samyah.

Aah Samyah menyatakan, untuk saat ini dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk mempersiapkan SDM di Kecamatan Ujungjaya menjelang menjadi kawasan industri.

“Untuk saat ini SDM di Ujungjaya belum mempunyai pengalaman jika wilayahnya menjadi kawasan industri. Dipastikan, jika saat ini kalau kawasan industri jadi, SDMnya kebanyakan akan dari luar, sementara warga Ujungjaya sendiri belum siap,” ujar Aah Samyah kepada Sumeks, Rabu (11/10).

Baca Juga:1.056 Warga Sukajaya Dapat Bantuan BerasPelaksanaan IKM SMPN 7 Sumedang

Ditegaskan, perlu proses agar SDM di Kecamatan Ujungjaya memenuhi standarisasi, ketika wilayahnya menjadi kawasan industri. Pemerintah harus meningkatkan SDM di Kecamatan Ujungjaya sendiri.

“Jangan sampai ketika Ujungjaya menjadi kawasan industri, SDMnya sendiri belum siap. Minimalnya lulusan SMK,” jelasnya.

Menjelang menjadi kawasan industri, kata dia, diperlukan banyak sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat Kecamatan Ujungjaya, sebagai sarana pendukung.

“Jangan asal hanya berdiri, sementara warga sekitarnya tidak diperhatikan,” jelasnya.

Sedangkan, lanjut dia, secara wilayah sendiri Kecamatan Ujungjaya sudah siap menjadi kawasan industri. Pasalnya, sudah banyak berbagai sarana pendukung ada di sekitar Kecamatan Ujungjaya.

“Diantaranya, jalan Tol Cisumdawu dan Cipali, Bandara Kertajati, Bendungan Cipanas dan Bendungan Jatigede,” tuturnya. (bim)

 

0 Komentar