SMP IT Insan Sejahtera Jadi Rujukan Sekolah Lain

OPTIMIS: Kepala Sekolah Insan Sejahtera Sumedang, Khodijah Mustaqimah SE MSi., pada kegiatan Peringatan Hari Guru tahun lalu.
OPTIMIS: Kepala Sekolah Insan Sejahtera Sumedang, Khodijah Mustaqimah SE MSi., pada kegiatan Peringatan Hari Guru tahun lalu.
0 Komentar

sumedangekspres– SMP IT Insan Sejahtera Sumedang sudah masuk dalam kategori IKM berbagi. Mengingat ada program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada 3 kategori, yaitu IKM Belajar, IKM Berubah dan IKM Berbagi.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP IT Insan Sejahtera Sumedang Khodijah Mustaqimah SE M Si., kepada Sumeks baru-baru ini.

Khodijah memaparkan, pertama untuk konsep IKM untuk pembelajaran itu sudah mulai fokus kepada murid atau student center. Jadi guru harus bisa menyusun strategi, khususnya dalam pembelajaran yang memang disiapkan berdasarkan kebutuhan siswa.

Baca Juga:Kemarau, Sumedang Sediakan Alat Penjernih AirKemarau Panjang, Jatigede Surut

“Strateginya itu kita melakukan pemetaan diagnostik dilihat dari kesiapan belajarnya, kemudian juga apakah siswa itu masuk dalam kategori high achiever, middle achiever atau low achiver, kategori cepat, sedang atau rendah dalam menyerap pelajaran, pertama kita kategorikan dalam persiapan belajar,” ucapnya.

Kemudian yang kedua lanjut Kepsek, pemetaan diagnostik dalam minat atau gaya belajar siswa.

“Pertama gaya belajar siswa dulu ada yang auditoring (mendengar) kemudian ada gaya belajar kinestetik atau visual. Jadi pertama kami harus bisa memetakan dari persiapan belajar, kemudian gaya belajar siswa,” katanya.

Yang ketiga adalah, pemetaan dari minat siswa, pemetaan dari minat siswa.

“Karena kami percaya bahwa semua siswa itu berpotensi dari berbagai macam bidangnya, tidak hanya akademik maka di sekolah, kami mengusung berbagai macam program pengembangan minat bakat ada kokurikuler dan ekstra kokurikuler. Mungkin yang banyak dikenal di masyarakat hanya ekstrakurikuler, tetapi di SMP IT Insan Sejahtera kita juga punya program untuk memperkuat pendalaman materi saat intrakurikuler di kelas,” katanya.

Lebih jauh Khodijah mengatakan, untuk kokurikuler di SMP IT Insan Sejajtera ada 14 bidang yang dinamakan program “Super You Academy”.

“Kebetulan pada Tahun 2022 saya juga masuk sebagai finalis Kepala Sekolah Inspiratif tingkat Nasional, dengan mengusung program kokurikuler Super You Academy ini,” ujarnya.

Baca Juga:Sumedang Perkuat Komunikasi di Media CenterWarga Rela Antre Dapatkan Beras Murah

Dia menjelaskan, program Super You Academy ini banyak bidang yang diusung dan bisa diikuti para dan diwajibkan satu bidang harus dipilih oleh para siswa dari 14 bidang tersebut, seperti bidang Literasi kelas. Konten kreator club, Desain Grafis, Literasi Club, Sains Club, Social Club, Arabic Club, Pendidikan Agama Islam Club, untuk beberapa diantaranya siswa diwajibkan untuk mengikuti program tersebut.

0 Komentar