Mengapa Majalengka disebut kota angin? Inilah Sejarahnya!

Majalengka disebut kota angin
Majalengka disebut kota angin
0 Komentar

sumedangekspres-Majalengka disebut kota angin, Kabupaten Majalengka terletak di sebelah timur Provinsi Jawa Barat dan memiliki beragam potensi alam, salah satunya adalah julukan “Kota Angin.” Julukan ini merujuk pada angin yang cukup kuat yang sering bertiup di daerah ini karena letak geografisnya yang terbuka. Majalengka terletak di dataran tinggi, sehingga angin sering kali menerpa daerah ini, memberikan udara yang segar dan sejuk.

Majalengka memiliki beragam potensi sumber daya alam, termasuk pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Selain itu, daerah ini juga dikenal dengan produksi kerajinan tangan dan industri kreatifnya. Pariwisata di Majalengka mencakup berbagai objek wisata alam, seperti perbukitan, sawah, dan air terjun, serta juga keindahan pedesaan.

Kabupaten Majalengka yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat ternyata tidak hanya dikenal dengan julukan Kota Angin. Pada masa lalu, Majalengka sempat terkenal dengan julukan Kota Pensiun.

Baca Juga:Manfaat minum kopi: Secangkir kopi untuk menghilangkan stresDimana kedua orang tua Upin dan Ipin? Prediksi keberasaan kedua orang tua Upin dan Ipin

Majalengka juga selalu menjadi tempat pilihan bagi orang-orang yang sudah pensiun. Sejak lama, orang asli Majalengka memang memilih untuk merantau hingga ke luar pulau. Sehingga saat sudah tua, mereka akan memilih Majalengka.

Selain itu penataan kota pada zaman pemerintahan Kolonial Belanda juga terlihat Majalengka ingin dijadikan pusat pemerintahan dan tempat tinggal, bukan untuk kawasan industri seperti daerah Jawa Barat lainnya.

Tetapi perjalanan Majalengka dengan julukan Kota Pensiun mulai dikikis oleh pemerintah daerah. Kini pemerintah daerah mulai melakukan transformasi agar daerahnya menjadi kota yang ramai.

Menjelajahi Ragam Destinasi Wisata Unggulan di Kota Angin, Majalengka
Sementara itu Bupati Majalengka Karna Sobahi juga ingin kotanya lebih aktif dan berkegiatan. Karena itu Pemkab Majalengka punya motivasi untuk mendorong geliat wisata di daerahnya.

Kini Kabupaten Majalengka pun mempunyai julukan baru yakni Exotic Sundaland. Hal ini karena kecantikan tempat wisatanya yang hijau dengan pemandangan. Pemkab Majalengka mendata ada 38 objek wisata di Majalengka.

Itulah Majalengka disebut kota angin. Semoga bermanfaat!

0 Komentar