Baru Dua Tahun Walikota Solo Langsung Melesat Jadi Cawapres, Inilah Perjalanan Karir Politik Gibran Rakabuming

Baru Dua Tahun Walikota Solo Langsung Melesat Jadi Cawapres, Inilah Perjalanan Karir Politik Gibran Rakabuming
Baru Dua Tahun Walikota Solo Langsung Melesat Jadi Cawapres, Inilah Perjalanan Karir Politik Gibran Rakabuming (edit by : Canva)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Baru Dua Tahun Walikota Solo Langsung Melesat Jadi Cawapres, Inilah Perjalanan Karir Politik Gibran Rakabuming.

Bakal calon presiden 2024 Prabowo Subianto mengumumkan bahwa Gibran Rakabuming akan menjadi pasangan politiknya untuk maju ke pilpres 2024 mendatang.

Sebelum diusung jadi cawapres untuk mendampingi Prabowo, Gibran ternyata memiliki 2 masa karir politik. Yang pertama menjadi Walikota Solo dan yang kedua menjadi Bacawapres 2024.

Baca Juga:Daftar Bisnis Cawapres Gibran Rakabuming Raka Pendamping Prabowo Subianto, Punya 5 Bisnis Utama!Profil Lengkap Gibran Rakabuming Raka Cawapres 2024-2029, Pernah Menempuh Pendidikan di Singapura!

Penasaran dengan dua karir Gibran yang sangat singkat tapi membuatnya menjadi orang nomor 1 di Solo/ Surakarta, yuk simak artikel dibawah ini.

1. Perjalanan Karir Politik Gibran Sebagai Walikota Solo

Pada tahun 2020 lalu, Gibran Rakabuming menunjukkan keseriusannya kepada dunia politik dengan menemui FX Hadi Rudyatmo yang saat itu menjadi Wali Kota Surakarta dan Ketua DPC PDI-P Solo.

Dia kemudian mendaftarkan diri dengan menyerahkan formulir dan berkas untuk maju pada Pilkada Solo 2020. Namun, peluang itu sudah tertutup.

Peluang Gibran dalam Pilkada 2020 kembali terbuka lewat jalur DPP setelah ia menemui Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Dia mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di kantor DPP PDI-P Jakarta.

Alhasil, Gibran Rakabuming mendapat tawaran dari DPP PDI-P untuk menggandeng Teguh Prakosa sebagai calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilpres tahun 2020.

Pasangan Gibran-Teguh diusung PDI-P dan didukung sejumlah partai yaitu Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, PPP, PKB, Nasdem, Perindo dan PSI. Pasangan ini meraih perolehan suara 86%, jauh mengungguli pasangan calon lawan pada Pilpres tahun 2020.

Gibran-Teguh dilantik menjadi wali kota dan wakil wali kota Surakarta masa jabatan tahun 2021-2024 pada 26 Februari 2021. Di usianya yang terbilang masih muda, yakni 33 tahun, anak sulung Jokowi menjadi sosok orang nomor satu di Kota Surakarta.

2. Perjalanan Karir Politik Gibran Sebagai Cawapres 2024

Baca Juga:PM 08 Sumedang Sambut Baik Gibran Dampingi Prabowo3 Tips Dagangan Sepi, Yuk Tingkatkan Peforma Bisnis Kamu di Usia Muda, Semangat Sukses!

Selama dua tahun menjabat sebagai Bupati Solo, Jawa Tengah, Gibran langsung diusung oleh Aliansi Maju Indonesia (KIM) sebagai calon presiden dan menggandeng Prabowo di Pilpres 2024.

0 Komentar