Kesenian Miliki Nilai Kepemimpinan 

Kesenian Miliki Nilai Kepemimpinan
Kesenian Miliki Nilai Kepemimpinan
0 Komentar

sumedangekspres-Kesenian Miliki Nilai Kepemimpinan – Perkumpulan Seni Simpay Panaratas Paraguna Sumedang bersama SMA Negeri 1 (Smansa) Sumedang melaksanakan uji coba pertunjukan seni dalam rangka persiapan tampil di Prancis.

Pertunjukan seni Sunda berbasis gamelan tersebut disaksikan oleh Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman di Graha Adinira Smansa Sumedang, baru-baru ini.

“Insyaallah pertunjukan seni ini nanti akan digelar di Paris Prancis dan beberapa kota di Eropa, mewakili Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga:Lima Komisioner KPU Dikalungi BungaDunia Tengah Dilanda Krisis Pangan

Dijelaskan, keberangkatan duta seni tersebut juga untuk memenuhi undangan dari Grup Le Concert Impromptu.

“Mereka ingin berkolaborasi musik di Prancis tanggal 8 sampai 19 November 2023,” ucap Herman.

Menurutnya, pertunjukan kolaborasi tersebut merupakan aktualisasi dari pembelajaran kontekstual dari Kurikulum Merdeka Belajar.

Kesenian Miliki Nilai Kepemimpinan

“Jadi ini adalah aksi konkret Merdeka Belajar. Karena merdeka belajar itu artinya adalah semua tempat adalah sekolah dan semua orang adalah guru,” ucapnya.

Dalam kurikulum tersebut, lanjutnya, siswa mulai berinteraksi dengan berbagai komponen.

“Bagi anak-anak sendiri ini adalah pembelajaran yang sangat esensial. Namanya adalah pembelajaran kontekstual,” tuturnya.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang khususnya kaum milenial dan zilenial untuk bisa menjaga serta melestarikan seni Sunda.

“Ini adalah salah satu langkah konkret untuk melestarikan, mengembangkan seni Sunda, khususnya gamelan,” ujarnya.

Baca Juga:Jalan Rusak Hambat MobilitasWarga Minta Pertimbangkan Pembangunan TPSA Cijeruk

Seni Sunda, kata dia, bukan hanya tontonan, tapi juga adalah tuntunan karena di dalamnya terdapat nilai-nilai yang didapatkan oleh para siswa.

“Jadi saya sangat _support_. Karena kita berharap mereka nanti menjadi pemimpin masa depan. Dan pemimpin itu harus mempunyai values dan itu diambil dari seni budaya Sunda,” pungkasnya. (red)

Kesenian Miliki Nilai Kepemimpinan

PERSIAPAN: Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman tengah mempersiapkan latihan di Graha Adinira Smansa Sumedang, baru-baru ini.

0 Komentar