Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Mulut: Waspada sedini mungkin!

Cara alami menghilangkan benjolan di mulut
Cara alami menghilangkan benjolan di mulut(pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres– Cara alami menghilangkan benjolan di mulut , adanya benjolan di mulut bikin kamu merasa tidak nyaman, apalagi saat waktunya makan.

Meski umumnya tidak berbahaya, Anda mungkin perlu perawatan tertentu bila benjolan mulai mengganggu aktivitas.

Sebagian besar penyebab benjolan di pipi bagian dalam cukup ringan dan tidak memerlukan perawatan khusus, kondisi tersebut umumnya bisa sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari atau minggu.

Baca Juga:Tissa Biani jadi sorotan publik: Dibandingkan dengan Fuji oleh fans?Selebgram Rachael Vennya miliki rumah capai Miliaran: Ada pohon hidup di dalam rumah!

Meski begitu, pembengkakan atau benjolan kemungkinan dapat mengganggu aktivitas, mulai dari kesulitan untuk berbicara, mengunyah, maupun menelan makanan.

Berikut ini merupakan beberapa Cara alami menghilangkan benjolan di mulut:

1. Lakukan perawatan gigi dan mulut dengan baik

Jangan mengabaikan kebersihan gigi dan mulut meski Anda sedang memiliki benjolan di pipi, sebab hal ini bisa meningkatkan komplikasi, seperti infeksi bakteri.

Sebaiknya Anda tetap melakukan perawatan seperti biasa, seperti menyikat gigi rutin dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss).

Anda juga dapat menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung hidrogen peroksida untuk melawan bakteri dalam mulut.

2. Berkumur dengan larutan garam
Larutan garam punya manfaat yang sama seperti obat kumur antiseptik. Hal ini terbukti melalui studi dalam Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry (2017).

Berkumur dengan larutan garam membantu mengurangi plak serta jumlah bakteri dalam mulut. Ini membantu mencegah infeksi dan menghilangkan benjolan di pipi akibat sariawan.

Larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama 15–30 detik. Ulangi berkumur 3–4 kali sehari sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga:Akting mumpuni Prilly Latuconsina bikin takjub penonton: Wanita dengan karir cemerlang!Dinasti politik jadi perbincangan hangat jelang pemilu 2024: Mahkamah Konstitusi (MK) jadi perbincangan publik!

3. Memakai obat pereda nyeri
Salah satu cara menghilangkan nyeri akibat benjolan di pipi bagian dalam ialah dengan minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol.

Obat pereda nyeri bekerja dengan mengganggu kemampuan sel yang rusak dalam mengirimkan pesan rasa sakit ke sistem saraf Anda.

Selain obat minum, Anda juga bisa memakai obat yang dioles ke benjolan atau luka di mulut, seperti benzokain, guna mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

0 Komentar