Jalan Rusak Hambat Potensi Wisata

RELIGI: Pengelola makam tengah mengawasi area Makam Mbah Puragati di Desa Ungkal, Kecamatan Conggeang, baru-baru ini.
RELIGI: Pengelola makam tengah mengawasi area Makam Mbah Puragati di Desa Ungkal, Kecamatan Conggeang, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – Jalan Rusak Hambat Potensi Wisata– Wilayah Desa Ungkal, Kecamatan Conggeang berpotensi jadi desa wisata budaya dan religi di Kabupaten Sumedang. Potensi yang dapat dikembangkan yaitu makam keramat dan Air Terjun Ranca.

Hal itu didukung Kepala Desa Ungkal, Deden Sudinta yang ingin membangun desa destinasi wisata.

Pantauan Sumeks, wisata keramat di Desa Ungkal terdapat empat makam yaitu Makam Mbah Nayapatra, Makam Mbah Lebe, Makam Mbah Jerad dan makam Mbah Puragati. Selain itu, ada pula pemandian Nyi Mas Dewi Dayang Sumbi.

Baca Juga:Kebakaran Lahan Hutan KarembiMendag Dukung Harga Cabai Naik

Kasi Pemerintahan Desa Ungkal Adi Purwadinata membenarkan wilayah Desa Ungkal mempunyai potensi bila dikembangkan menjadi desa destinasi wisata.

Apalagi keberadaan makam keramat, sejak dulu hingga sekarang terus didatangi para peziarah dari berbagai daerah. Sementara itu, para pengunjung yang ingin melihat langsung ke lokasi badan bendungan Cipanas hanya beberapa menit saja bisa sampai ke lokasi.

“Bila melihat genangan air bendungan Cipanas dan kawasan di sekitarnya, pasti akan terpesona melihat pemandangan alamnya. Termasuk melihat air terjun yang ada disekitarnya,” kata Adi kepada Sumeks, baru-baru ini.

Namun, kata dia, pihaknya sangat menyayangkan akses jalan dari Desa Cacaban ke Desa Ungkal, yang belum ada perhatian dari Pemkab Sumedang.

“Padahal, kalau jalan itu sudah ‘leucir’, saya yakin para pengunjung semakin banyak,” tandasnya.

Menurutnya, jika Desa Ungkal menjadi desa destinasi, hal itu akan dapat mendongkrak PAD Kabupaten Sumedang.

Jalan Rusak Hambat Potensi Wisata

 

0 Komentar