Potensi Keindahan Wisata Alam: 3 Gunung di Sumedang yang Ketinggiannya Tidak Lebih Dari 2000 MDPL

Gunung di Sumedang
Gunung di Sumedang (istimewa/maps)
0 Komentar

sumedangekspresKabupaten Sumedang, yang terletak di Bumi Pasundan, Jawa Barat, ternyata menyimpan keindahan alam yang memukau, terutama dalam bentuk tiga gunung eksotisnya.

Meskipun tidak mencapai ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (MDPL), gunung-gunung ini menawarkan pesona alam dan keberagaman satwa yang membuatnya patut untuk dijelajahi.

Meski ketinggian gunung-gunung di Kabupaten Sumedang tidak sebanding dengan beberapa gunung terkenal di Indonesia, seperti Gunung Tampomas, namun keeksotisan alam yang dimilikinya tidak kalah menarik.

Baca Juga:Memelihara Sejarah: Benteng Palasari Sumedang, Peninggalan Bersejarah di Jawa BaratRidwan Kamil Pimpin Kampanye Prabowo-Gibran di Jabar: Langkah Strategis Menuju Pilpres 2024

Kabupaten Sumedang memiliki tiga gunung yang menjadi destinasi wisata alam utama, yaitu Gunung Tampomas, Gunung Kerenceng, dan Gunung Gajah.

Yuk simak penjelasan 3 gunung eksotis di Sumedang!

1. Gunung Tampomas (1.684 MDPL)

Gunung Tampomas merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Sumedang. Gunung ini sering dikunjungi oleh para pendaki. Gunung Tampomas memiliki ketinggian kurang lebih 1.684 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memiliki luas kurang lebih 1.074 hektar.

Ada dua jalur pendakian yang sering digunakan para pendaki untuk mencapai puncak Gunung Tampomas, yaitu jalur Cibeureum Kulon di wilayah Cimalaka dan jalur Narimbang di wilayah Conggeang. Jalur pendakian yang dimiliki Gunung Tampomas cukup mudah untuk dilalui dan cocok bagi para pendaki pemula.

Salah satu jalur pendakian favorit adalah Jalur Cibeureum di Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka, Sumedang.

Dari puncak Tampomas, pendaki tidak hanya bisa menikmati keindahan kota Sumedang dan Subang, tapi juga kemegahan beberapa gunung di sekitarnya.

Gunung Tampomas disebut-sebut merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia dan memiliki jalan setapak yang bisa digunakan pengunjung.

Seperti halnya pegunungan pada umumnya, wisatawan disuguhi pemandangan pepohonan lebat dalam perjalanan menuju puncak. Hanya saja, di tengah perjalanan wisatawan menemukan kawah yang ditumbuhi semak belukar sehingga membuat wisatawan merasakan bau belerang yang cukup menyengat.

Baca Juga:Ratusan Warga di Purwakarta Alami Keracunan Makanan MassalMenghadapi Ancaman Bencana Alam pada Musim Penghujan di Jawa Barat

Saat Anda sampai di puncak atau dikenal dengan Sanghiyang Taraje, segala kelelahan Anda akan terbayar dengan pemandangan di puncak gunung.

2. Gunung Kerenceng (1.736 MDPL) 

Gunung Kerenceng sendiri berlokasi di Dusun Babakan Jambuaer, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Gunung ini terhitung memiliki trek cukup pendek. Meski demikian, medan yang disajikannya cukup menantang.

0 Komentar