Gegara Bakar Sampah Lahan Bambu Ikut Terbakar

KEBAKARAN LAHAN: Petugas tengah memadamkan api di lahan dan hutan yang terjadi di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, baru-baru ini.
KEBAKARAN LAHAN: Petugas tengah memadamkan api di lahan dan hutan yang terjadi di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres-  Gegara Bakar Sampah Lahan Bambu Ikut Terbakar — Kebakaran melanda lahan bambu di Blok Lumbung Dusun Cahyasari RT 02 RW 09 Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, baru-baru ini. Kebakaran mengegerkan warga sekitar. Pasalnya, lahan bambu berdekatan dengan pemukiman warga.

Berdasarkan informasi di lapangan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Lahan bambu yang terbuka seluas 100 M2.

Seorang warga dan Ketua RT 2, Aep Saepudin (53), menjadi saksi peristiwa kebakaran tersebut.

Baca Juga:Setiap Individu Miliki Misi KetuhananTidak Kapok, Kekerasan Praja IPDN Terulang

Hal tersebut dibenarkan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Jatinangor, Sendrik yang sedang tugas piket. Menurutnya, kronologis kejadian berdasarkan keterangan dari Aep, kepulan asap muncul sekitar pukul 21.00 WIB dari kebun bambu.

Dikatakan, melihat kejadian tersebut Aep meinta bantuan warga dan melaporkan insiden.

“Berkat kerja keras warga dan aparatur setempat, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.30 WIB,” urainya.

Disebutkan, petugas yang turut serta dalam penanganan kebakaran melibatkan berbagai pihak, jajaran Polsek Jatinangor dan Koramil 1004/ckr.

“Kepala Desa Cileles, unsur Satpol PP, BPBD Kabupaten Sumedang dan masyarakat setempat bahu membahu memadamkan api,” katanya.

Dia menuturkan, diduga kebakaran ini disebabkan kelalaian pembakaran sampah yang merambat ke lahan bambu.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi berupa beberapa pohon bambu yang ikut terbakar.

Baca Juga:Temu Mayat di Jalanan, Diduga Korban Tabrak LariRatusan Masa Bela Palestina

“Masyarakat diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam mengelola limbah, guna mencegah kejadian serupa terulang di masa depan,” tukasnya.

Selain di Desa Cileles, kebakaran lahan hutan dan kebun juga terjadi di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor. Hal itu berdasarkan postingan BPBD Kabupaten Sumedang pada Selasa (21/11).

Dalam video yang di-posting akun BPBD Kabupaten Sumedang di Facebook, kebakaran melanda kebun bambu. Meski api terlihat kecil, namun api nampak terus menjalar.

“Kebakaran terjadi lada Selasa (21/11) sekitar pukul 10.00 di Dusun Bojong Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang,” kata Kepala BPBD Sumedang Atang Sutarno.

Kata Atang, beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban. Namun, berdampak pada kerusakan kebun bambu dan alang-alang terbakar.

“Alhamdulillah, api sudah dapat dipadamkan pada pukul 11.45,” katanya

Dijelaskan, pemadaman api dilakukan secara manual, agar api tidak merambat ke lahan yang lain.

0 Komentar