Dampak Puting Beliung di Sumedang, Kenali juga Ciri, Dampak, dan Antisipasinya!

Dampak Puting Beliung
Dampak Puting Beliung (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspresBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang tengah gencar melakukan pedataan dampak bencana angin puting beliung yang melanda Desa Cijeruk di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, kemarin (24 November 2023).

Peristiwa tersebut menimbulkan kerusakan parah pada rumah warga dan beberapa pohon tumbang di kawasan tersebut.

Informasi terkini dari BPBD Sumedang, laporan pertama kejadian ini diterima kemarin pukul 13.00, yang menyebutkan Desa Cijeruk dilanda angin puting beliung sehingga menyebabkan beberapa pohon tumbang dan beberapa rumah rusak.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Antara Tantangan Politik dan Komitmen RegionalTindakan Penyelundupan Manusia Terungkap! Empat WNA Bangladesh Diamankan di Pantai Citepus, Sukabumi

Meski belum ada laporan korban jiwa maupun luka, BPBD Sumedang bersama satuan TNI/Polri segera mengambil tindakan.

Kepala BPBD Sumedang, Atang menjelaskan, petugas gabungan masih melakukan pendataan terhadap rumah-rumah terdampak.

Saat ini diperkirakan sekitar 90 rumah rusak akibat angin puting beliung. Meskipun kerusakan rumah cukup parah, tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan.

Pada tahap awal, BPBD Sumedang bekerja sama dengan satuan TNI/Polri memberikan bantuan kepada warga untuk memperbaiki rumahnya yang rusak.

Mereka akan segera berupaya mengembalikan kondisi normal kepada warga terdampak.

BPBD Sumedang juga telah menyiapkan tenda dengan pilihan akomodasi jika warga terpaksa mengungsi dari rumahnya yang rusak.

Hal ini merupakan upaya preventif untuk memastikan adanya tempat yang layak bagi warga yang membutuhkan hunian sementara.

Menurut website sumber belajar Kemendikbud, adapun ciri-ciri angin puting beliung antara lain:

Baca Juga:Kenaikan Tinggi Muka Air Waduk Jatigede Akibat Hujan di Hulu Sungai CimanukWakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily: Harus Ada Kesepakatan Bersama dalam Penetapan Biaya Haji 2024

1. Pada siang hari, Anda bisa melihat awan putih yang menjulang seperti bunga kol

2. Awan berkembang menjadi awan gelap disertai hembusan udara dingin

3. Angin mulai menggoyangkan pepohonan ke kiri dan ke kanan

4. Segera setelah itu angin bertiup kencang, kemudian hujan lebat dan sesekali hujan es

5. Awan hitam menandakan pusaran angin berbentuk kerucut yang turun menuju tanah atau bumi

Dampak yang ditimbulkan akibat angin puting beliung adalah menghancurkan area seluas 5 km tanpa angin puting beliung susulan. Rumah akan hancur dan tanaman akan tumbang diterjang angin puting beliung.

Selain bangunan, makhluk hidup bisa mati karena terlempar atau terbentur benda keras lainnya yang ikut masuk pusaran angin.

0 Komentar