Berharap Gencatan Senjata Diperpanjang, Hamas: Agar Sandera yang Dibebaskan Bisa Lebih Banyak Lagi

Berharap Genjatan Senjata Diperpanjang, Hamas: Agar Sandera yang Dibebaskan Bisa Lebih Banyak Lagi
Berharap Genjatan Senjata Diperpanjang, Hamas: Agar Sandera yang Dibebaskan Bisa Lebih Banyak Lagi (ist/BBC)
0 Komentar

sumedangekspres – Berharap Gencatan Senjata Diperpanjang, Hamas: Agar Sandera yang Dibebaskan Bisa Lebih Banyak Lagi

Hamas Palestina ingin memperpanjang gencatan senjata empat hari dengan Israel. Ini merupakan upaya Hamas untuk membebaskan lebih banyak sandera.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Minggu malam, Hamas mengatakan: “memperpanjang gencatan senjata setelah periode empat hari berakhir, melalui upaya serius untuk meningkatkan jumlah orang yang dibebaskan dari penjara sebagaimana diatur dalam perjanjian gencatan senjata kemanusiaan.”

Baca Juga:Bentrok Antara Pendukung Palestina dan Israel di Bitung Sulawesi Utara, Menyebabkan Satu Orang TewasSejarah Seni Kuda Renggong Sumedang, Sudah Berusia 150 Tahun?

Awal pekan ini, Qatar, yang memainkan peran penting dalam menengahi kesepakatan tersebut, juga mengatakan pihaknya menginginkan perpanjangan gencatan senjata yang mencakup satu hari tambahan untuk setiap 10 sandera yang disetujui Hamas untuk dibebaskan.

“Apa yang kami harapkan adalah bahwa momentum yang telah dibawa dari pembebasan dan dari kesepakatan empat hari ini akan memungkinkan kami untuk memperpanjang gencatan senjata lebih dari empat hari ini, dan oleh karena itu masuk ke dalam diskusi yang lebih serius tentang sisa sandera,” kata juru bicara kementerian luar negeri Qatar, Majed Al-Ansari

Presiden AS Joe Biden mengatakan pemerintahannya ingin memperpanjang gencatan senjata di Jalur Gaza. Israel dan kelompok militan Palestina Hamas sebelumnya hanya menyetujui gencatan senjata selama empat hari.

Biden mengatakan dia siap untuk memperpanjang gencatan senjata di Gaza untuk memungkinkan pembebasan sandera dengan aman dan bantuan yang lebih penting bagi warga sipil.

Dalam pidatonya di Gedung Putih, Biden mengatakan dia dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu “secara pribadi tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa perjanjian ini diterapkan sepenuhnya dan berupaya untuk diperpanjang.”

“Selama berminggu-minggu saya telah menganjurkan jeda dalam pertempuran untuk dua tujuan: untuk meningkatkan bantuan yang masuk ke warga sipil Gaza yang membutuhkan bantuan, dan untuk memfasilitasi pembebasan sandera.”

Biden mengatakan bahwa kesepakatan yang dicapai antara Israel dan Hamas “terstruktur sehingga dapat diperpanjang untuk terus membangun hasil-hasil ini.”

Baca Juga:Bank BJB Subang Dipilih oleh Universitas Mandiri sebagai Layanan Pembayaran Gaji para PegawaiHasil Survei Terbaru Pasangan Capres 2024: Lagi Lagi Prabowo Gibran Masih Unggul?

“Itulah tujuan kami: untuk menjaga agar jeda ini terus berlanjut hingga besok,” kata Biden.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Biden bahwa Israel akan melanjutkan serangan ke Gaza dengan sungguh-sungguh setelah gencatan senjata sementara berakhir.

0 Komentar