Oli bekas jangan dibuang! Benarkah Limbah oli bekas bisa jadi uang?

Limbah oli bekas bisa jadi uang
Limbah oli bekas bisa jadi uang(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Limbah oli bekas bisa jadi uang, kamu yang memiliki kendaraan bermotor, ternyata kamu bisa menjual oli bekas motormu dan mendapatkan uang dari hasil menjual oli tersebut.

Oli mesin motor bekas bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan produksi di pabrik. Ada yang pakai oli mesin motor bekas buat campuran bahan bakar bio dieselnya. Kalau di pabrik batu bata, buat bahan bakar tungku (oven). Biasanya pengepul oli mesin motor bekas akan mengambil oli mesin dari bengkel ke bengkel.

Oli mesin motor bekas ini dihargai Rp 2 ribu per liternya. Rata-rata bengkel motor dapat menjual 25 sampai 30 liter ke pengepul oli mesin motor bekas.

Baca Juga:Prediksi jadwal hujan menurut BMKG di Kabupaten SumedangNyamuk Wolbachia disebar di Bandung: Ini kata Kemenkes RI!

Sehingga rata-rata saya membeli oli mesin bekas dari bengkel itu Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu satu jeriken.

Jadi oli mesin motor bekas saat ini masih laku karena masih dicari buat kegiatan produksi di pabrik.

Limbah oli bekas di Indonesia diperkirakan mencapai 6 juta ton. Limbah oli ini diprediksikan bisa menghasilkan uang sebesar Rp 21 Triliun. Oli bekas ini bisa diolah kembali untuk dijadikan oli baru dan dijadikan bahan lain.

Untuk pengelolaan limbah oli bekas ini kata dia, sudah ada tiga perusahaan besar di Indonesia. Mereka juga melakukan eksport terhadap hasil produk daur ulang oli bekas ini.

Selain oli, banyak limbah dan B3 yang bisa dikelola menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Dia mencontohkan hasil pembakaran batu bara yang mencapai 1,5 juta ton bisa menghasilkan uang Rp 300 miliar. Sisa pembakaran batu bara ini bisa diolah menjadi batako dan beton.

Limbah indutri tembaga kata Tuti juga bisa menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Limbah industri ini dipperkirakan menghasilkan limbah 800 ribu ton dan bisa diolah menghasilkan dana sebesar Rp 160 miliar.

Bahkan untuk limbah pembakaran batu bara, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum. Kerjasama ini terkait penggunaan beton dari pemanfaatan limbah ini.

Itulah informasi mengenai Limbah oli bekas bisa jadi uang.

0 Komentar