Perbedaan KIP Kuliah dan KIP Kuliah Merdeka: Yuk yang Mau Kuliah Ikuti Syarat dan Ketentuan Berlaku!

Perbedaan KIP Kuliah dan KIP Kuliah Merdeka
Perbedaan KIP Kuliah dan KIP Kuliah Merdeka(ist)
0 Komentar

4. Perbedaan KIP Kuliah Jalur Mandiri dan Merdeka
Sampailah kita pada penjelasan utama yakni mengenai apa perbedaan dari KIP Kuliah jalur Mandiri dan Merdeka ini. Jadi KIP Kuliah jalur Mandiri biasanya dipilih apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak masuk atau gagal saat mengikuti pelaksanaan masuk PT. Entah via Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Untuk pendaftaran KIP kuliah via jalur seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri resmi dibuka pada Agustus hingga Oktober 2021. Semuanya kembali pada jadwal seleksi Mandiri masing-masing PTN yang bersangkutan.

Sementara untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Swasta bisa kapan saja hingga masa pendaftaran di sana usai.

Baca Juga:Pantau Logistik Jelang Pemilu di Tomo: Panwaslu Tomo Terus Lakukan Pengecekan Ulang!ASN Harus Netral Dalam Pemilu di Sumedang: Ketua Panwaslu Pamulihan Tegaskan Komitmen Netralisasi ASN!

Sedangkan dari penjelasan yang sudah Mamikos sampaikan diatas tadi bisa disimpulkan bahwa KIP kuliah Merdeka merupakan program beasiswa yang diluncurkan oleh Mendikbud untuk mendanai pendidikan mahasiswa dengan latar belakang ekonomi yang rendah.

5. Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka
Untuk informasi serta pendaftaran KIP Kuliah untuk para calon mahasiswa baru tahun ajaran 2021 ini bisa kamu temukan di link resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Nah untuk info syarat umumnya, dapat kamu simak sebagai berikut.

Syarat Umum KIP Kuliah

Kamu sebagai calon peserta penerima beasiswa KIP Kuliah merupakan siswi di Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, dan atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulusan 2 tahun sebelumnya.
Kamu memiliki potensi akademik baik namun ada keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan dokumen dukungan yang sah.
Kamu sudah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di beberapa jalur masuk kampus negeri maupun swasta dan sudah dinyatakan masuk kampus tersebut atau kampus yang prodinya sudah terakreditasi.
Syarat Khusus KIP Kuliah
Selain syarat umum, kamu juga perlu mengetahui syarat khusus. Syarat khusus ini juga wajib dipenuhi apabila kamu hendak mendaftarkan diri pada program beasiswa KIP kuliah. Syarat tersebut diantaranya adalah:

KIP Kuliah merupakan beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang telah diterima di Perguruan Tinggi. Termasuk penyandang disabilitas dan diprioritaskan untuk para mahasiswa pemegang KIP.

0 Komentar