Teras Hijau, Desa Licin Bagikan Ribuan Tanaman

OPTIMIS: Kepala Desa Licin Zulkifli M Ridwan saat diwawancara terkait alokasi DD tahap II pada program ketahanan pangan, kepada Sumeks di kantornya, baru-baru ini.
OPTIMIS: Kepala Desa Licin Zulkifli M Ridwan saat diwawancara terkait alokasi DD tahap II pada program ketahanan pangan, kepada Sumeks di kantornya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres- Teras Hijau, Desa Licin Bagikan Ribuan Tanaman- Desa Licin Kecamatan Cimalaka realisasikan anggaran Dana Desa (DD) tahap II tahun anggaran 2023 pada bidang ketahanan pangan. Melalui penanaman pohon pisang dalam program teras hijau.

“Alokasi DD tahap II pada program ketahanan pangan di Desa Licin kami alokasikan pada penanaman pohon pisang seluas 3 hektare, yang dikelola oleh para ketua RW dengan jumlah 250 pohon tiap RW,” ujar Kepala Desa Licin, Zulkifli M Ridwan, kepada Sumeks baru-baru ini.

Adapun tujuannya penanaman pohon pisang untuk memberikan nilai ekonomi, terhadap lahan tandus bekas galian yang selama ini tidak ditanami atau dimanfaatkan.

Baca Juga:UMKM Harus DiberdayakanRatusan Ojol Kecam Krisis Kemanusiaan

“Alokasi yang kedua pada program teras hijau yaitu pengadaan tanaman sayuran lengkap dengan polibagnya sebanyak 6000 polibag, yang disalurkan kepada 500 warga yang kurang mampu untuk ditanam di halaman rumahnya,” bebernya.

Kades berharap, masyarakat bisa mengedukasi dan membuat literasi mengenai penanam pohon pisang dan menanam sayuran di pekarangan rumah. Hal ini sesuai program teras hijau masyarakat, agar bisa mengurangi beban hidup.

“Disini dikatakan mengurangi beban hidup, karena kedepan apabila pohon pisang sudah berbuah dan tanaman di halaman rumah sudah tumbuh, otomatis itu semua bisa dikonsumsi. Kalaupun tidak dikonsumsi juga bisa dijual ke pasar. Sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi di keluarganya,” jelas Kades.

Kades berharap, program ketahanan pangan ini harus bisa berkelanjutan. Bukan hanya sekedar menyerap anggaran, melainkan harus bisa meningkatkan perekonomian di masyarakat ke arah yang lebih maju,” pungkasnya. (ahm)

 

0 Komentar