Ibu Hamil Terinsfeksi HIV di Sumedang: Bagaimana Penanganan Pihak Kesehatan Sumedang?

Ibu Hamil Terinsfeksi HIV di Sumedang
Ibu Hamil Terinsfeksi HIV di Sumedang(IST)
0 Komentar

sumedangekspres– Ibu Hamil Terinsfeksi HIV di Sumedang, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 5 orang ibu hamil, ternyata ke lima orang ibu hamil ini terindikasi HIV. Bagaimana kronologinya dan penanganan pemerintah setempat? Simak artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Adanya kasus ini diketahui setelah pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang melakukan tes HIV terhadap para ibu hamil.

“Secara rutin kami melakukan pemeriksaan ibu hamil termasuk tes HIV yang dilakukan petugas di puskesmas dan selama tahun 2023 tercatat sudah ada 5 orang ibu hamil yang terinfeksi HIV,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumedang Deti Rahmawati

Baca Juga:Jadwal SIM Keliling Sumedang 1 Desember 2023: Berapa Biaya Pendaftaran Perpanjangan SIM?Kampanye Program Ganjar Pranowo-Mahfud MD: Bicara Mengenai Kesehatan dan Pemberantasan Korupsi!

Ditambahkan Deti ke 5 orang ibu hamil yang tetinfeksi HIV saat ini terus dipantau dan mendapatkan penanganan khusus sesuai SOP serta rutin mendapatkan obat, namun demikian obat yang diberikan ini tidak akan membahayakan pertumbuhan bayinya.

Lebih lanjut dikatakan Deti, selain diberikan obat, ibu hamil yang terinfeksi HIV pun akan mendapatkan penanganan khusus saat melahirkan dan bila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, oleh pihak Puskesmas bisa langsung di rujuk ke Rumah Sakit.

Sementara itu lanjut Deti, guna membanntu orang dengan HIV/AIDS (ODHIV) pihak Dinkes Sumedang kini melaksanakan program Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) yang dilaksanakan di 13 Puskesmas. Ditambahkan Deti program PDP ni dilaksanakan dalam upaya penanganan dan penanggulangan HIV/AIDS secara cepat dan tepat terutama untuk membantu ODHIV mendapatkan obat.

“Dengan adanya PDP di 13 Puskesmas ini maka ODHIV kini akan dengan mudah mendapatkan obat karena pelayanan akan lebih dekat yaitu di 13 puskesmas, sementara dulu untuk mendapatkan obat harus datang ke RSU,” jelasnya.

Dan 13 Puskesmas yang ada program PDP nya yaitu Puskesmas Tanjungsari, Puskesmas Cimalaka, Puskesmas Tomo, Puskesmas Jatinunggal, Puskesmas Sukamantri, Puskesmas Buahdua, Puskesmas Ganeas, Puskesmas Darmaraja, Puskesmas Situ, Puskesmas Kotakaler, Puskesmas Haurngombong, Puskesmas Paseh, dan Puskesmas Rancakalong.

Itulah informasi mengenai Ibu Hamil Terinsfeksi HIV di Sumedang.

0 Komentar