Awas Cuaca Ekstrim! Ini Jadwal Turun Hujan di Sumedang Besok, 3 Desember 2023

Awas Cuaca Ekstrim! Ini Jadwal Turun Hujan di Sumedang Besok, 3 Desember 2023
Awas Cuaca Ekstrim! Ini Jadwal Turun Hujan di Sumedang Besok, 3 Desember 2023
0 Komentar

sumedangekspres –  Cuaca ekstrim menjadi perhatian utama di Kabupaten Sumedang besok, 3 Desember 2023, dengan prakiraan hujan sepanjang hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan terkait fenomena atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

Dalam konteks Sumedang, penting untuk memahami jadwal turun hujan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

BMKG mencatat beberapa fenomena atmosfer yang signifikan, termasuk:

Baca Juga:Semua Ini Tentang Tugu Adipura yang Ada di Bunderan AlamsariWarisan Bersejarah Benteng Panjoenan di Gunung Koentji Sumedang

Madden Julian Oscillation (MJO):
MJO memasuki wilayah Indonesia bagian barat dan diprediksi aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode awal Desember 2023.

Hal ini berpotensi memicu pertumbuhan awan hujan di Sumedang.

Equatorial Rossby (ER):
Gelombang ER terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia, terutama di bagian tengah dan timur.

Fenomena ini dapat memperkuat intensitas hujan di daerah Sumedang.

Penguatan Monsun Asia:
Indikasi penguatan angin lapisan atas dari wilayah Laut China Selatan hingga lebih dari 25 knot dapat berkontribusi pada kondisi cuaca ekstrim.

Bibit Siklon Tropis 99W:
Bibit siklon tropis di Laut Natuna Utara dan sirkulasi siklonik di barat Sumatra dan Selat Karimata memicu pembentukan daerah pertemuan dan perlambatan angin, berpotensi meningkatkan curah hujan.

Anomali Positif Suhu Muka Laut:
Suhu muka laut yang anomali positif di beberapa wilayah, seperti Laut China Selatan dan Selat Karimata, menjadi sumber uap air untuk pembentukan awan hujan.

Prediksi BMKG untuk Sumedang Besok
BMKG Stasiun Jabar memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi kembali terjadi di sejumlah daerah di Jawa Barat, termasuk Sumedang, pada Minggu, 3 Desember 2023.

Berikut jadwal perkiraan cuaca:

Pagi (07.00 – 13.00 WIB):

Cuaca cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang menjelang siang di sebagian wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Potensi hujan ringan di sebagian wilayah Kota Bogor.

Siang dan Sore (13.00 – 19.00 WIB):

Baca Juga:BPBD Kabupaten Sumedang Berikan Bantuan Kepada Warga yang Terkena Dampak Bencana AlamCPNS Kabupaten Sumedang didorong Harus Menjadi ASN yang Kreatif dan Inovatif

Cuaca umumnya berawan dengan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten serta Kota Tasikmalaya.

0 Komentar