Dampak Hujan Abu Vulkanik di Agam: Banyak Kecamatan yang Berdampak Erupsi Gunung Berapi!

Dampak hujan abu Vulkanik di Agam
Dampak hujan abu Vulkanik di Agam(ist)
0 Komentar

sumedangekspres-Dampak hujan abu Vulkanik di Agam, banyak dampak yang ditimbulkan ketika erupsi gunung berapi terutam pada kesehatan.

Hujan abu vulkanik mengguyur sejumlah wilayah di sekitar Kabupaten Agam, Sumatra Barat dampak erupsi Gunung Marapi. Ada 14 kecamatan di sekitar Gunung Marapi yang terdampak hujan abu.

Erupsi ini membuat sejumlah wilayah di Agam terdampak hujan abu vulkanik.

Baca Juga:Janji Cak Imin Untuk Tambah Pabrik Gula: Benarkah Supaya Tidak Mengimpor?Mahasiswa Sumedang Lakukan Deklarasi Demi Kemenangan Ganjar-Mahfud di Jatinangor!

Salah seorang warga Agam, Asep di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan hujan abu vulkanik tersebut melanda daerah itu sejak pukul 16.59 WIB.

“Saya kesulitan untuk mengendarai sepeda motor, karena partikel abu mengenai mata dan mata jadi perih,” katanya(4/12/2023).

Ia menambahkan, abu vulkanik itu mengenai wajah dan sepanjang jalan yang dilalui memutih dengan abu.

Tidak itu saja, pakaian yang dipakai, sepeda motor dan mobil yang parkir diselimuti oleh debu vulkanik tersebut.

“Awalnya saya tidak mengetahui kejadian itu. Namun beberapa menit, jalanan dipenuhi debu dan termasuk pakaian yang dipakai,” katanya.

Sementara warga lainnya, Lasmi, menambahkan di sekitar rumahnya tercium bau belerang yang cukup kuat.

“Bau belerang cukup menyengat di sekitar rumah dampak dari hujan abu vulkanik tersebut,” katanya.

Baca Juga:Motif Cari Lawan Siswa SMK Bogor Dibacok Hingga Tewas: Bagaimana Kronologinya?13 Puskesmas Sumedang Menampung ODHIV: Perawatan HIV/AIDS Gencar Dilalukan di Sumedang!

Kepala Dinas Kesehatan Agam Hendri Rusdian mengimbau warga untuk tidak keluar rumah agar terhindar dari abu vulkanik tersebut. Warga juga diminta memakai masker.

“Jangan keluar rumah, dan pakailah masker apabila terpaksa berpergian agar kita tidak sakit,” katanya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatra Barat mencatat sebanyak 14 dari 16 kecamatan di daerah itu terdampak hujan abu dan batu.

“Ini data yang kita peroleh dari masing-masing camat,” kata Sekretaris BPBD Agam Olkawendri di Lubuk Basung, Minggu.

Ia mengatakan, ke 14 kecamatan yang terdampak hujan abu dan batu sebanyak empat kecamatan yakni, Kecamatan Canduang, Sungai Pua, Ampek Angkek dan Malalak.

Sedangkan kecamatan yang terdampak hujan abu sebanyak 10 kecamatan yakni, Kecamatan Banuhampu, Tilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, Ampek Koto, Matur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Magek.

“Kecamatan Palupuh dan Ampek Nagari tidak terdampak erupsi Gunung Marapi,” katanya.

0 Komentar