Longsor di Purwokerto, Penumpang Kereta Dialihkan ke Bus dari Stasiun Kejaksan Cirebon

Longsor di Purwokerto, Penumpang Kereta Dialihkan ke Bus dari Stasiun Kejaksan Cirebon
Longsor di Purwokerto, Penumpang Kereta Dialihkan ke Bus dari Stasiun Kejaksan Cirebon/istimewa
0 Komentar

sumedangekspres – Penumpang kereta api di Stasiun Kejaksan Cirebon tujuan Purwokerto, untuk sementara dialihkan menggunakan armada bus.

Hal tersebut dikarenakan jalur rel kereta api di wilayah Purwokerto terkena timbunan tanah longsor, Senin 4 Desember 2023.

Dari rilis yang dikeluarkan PT Kereta Api, perjalanan yang melintasi wilayah Daerah Operasi 3 Cirebon mulai pagi ini (Senin 4 Desember 2023) terganggu.

Baca Juga:Sudah Capai Angka 87,96 Persen, Kini Kondisi Jalan Kabupaten Sumedang Lebih MantapTerkendala Banjir Lumpur, Desa Sukawangi Menutup Sementara Aksesnya

Gangguan dikarenakan jalur kereta terdampak longsoran di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari wilayah Daop 5 Purwokerto.

Adapun longsor terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan jalur KA baik hulu-hilir di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi.

PT KAI Daop 3 Cirebon mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang terdampak cuaca buruk dan menyebabkan jalur KA yang ada di wilayah Daop 5 Purwokerto sementara tidak dapat dilalui.

Saat ini petugas KAI terus melakukan normalisasi jalur tersebut, dan beberapa perjalanan kereta yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon dialihkan memutar.

Atas kondisi tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, KAI Daop 3 Cirebon melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi perjalanan.

Keberangkatan KA Daop 3, yaitu KA Ranggajati tadi pagi lewat Semarang – Gundih – Solo lanjut ke tujuan akhir Stasiun Jember.

KA dari Jakarta dengan tujuan Surabaya/Solo/Yogyakarta, sepeti KA Fajar Utama Solo, KA Argo Semeru, memutar lewat jalur utara Semarang – Gundih – Solo.

Baca Juga:Perwosi Kabupaten Sumedang Gelar Lomba PanahanDiduga Dibunuh Orang Tuanya Sendiri, Anak Disabilitas di Tasikmalaya Ini Meninggal Tak Wajar

KA dari Yogyakarta dengan tujuan Jakarta, memutar lewat Kroya – Bandung – Cikampek.

Adapun sejumlah kereta api yang terdampak diantaranya:

1. KA Ranggajati

2. KA Fajar Utama Yogya

3. Argo Semeru

4. KA Argo Dwipangga

5. KA Taksaka

Untuk kereta yang terdampak tersebut, jalur keberangkatan menggunakan pola memutar ke Semarang-Gundih-Solo.

Bagi penumpang dari Stasiun Kejaksan Kota Cirebon tujuan Purwokerto, disediakan bus sebagai bentuk layanan PT KAI.

Artikel ini telah tayang di Radar Cirebon dengan judul Jalur Rel Tertimbun Tanah Longsor, Penumpang Stasiun Kejaksan Cirebon Dialihkan

0 Komentar