Ucapan Keseleo Asam Sulfat dan Folat Gibran Viral: Apa Perbedaan Asam Sulfat dan Asam Folat?

Ucapan keseleo asam sulfat dan folat Gibran Viral
Ucapan keseleo asam sulfat dan folat Gibran Viral(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Ucapan keseleo asam sulfat dan folat Gibran Viral, atas kesalahan dan pembeda arti yang lumayan jauh yang diucapkan Gibran ternyata menarik perhatian publik. Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka salah menyebutkan asam sulfat sebagai zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.
Padahal, asam sulfat adalah zat yang sangat berbahaya dan berbeda dengan asam folat, yang memang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Asam sulfat dan asam folat adalah dua zat yang memiliki nama yang mirip. Tetapi masing-masing memiliki sifat, fungsi, dan kegunaan yang sangat berbeda.

Asam sulfat adalah asam mineral (zat anorganik) yang sangat kuat. Zat ini larut di dalam air dengan semua perbandingan. Asam sulfat memiliki rumus kimia H2SO4, dan memiliki massa molar sebesar 98,08 g/mol. Asam sulfat berpenampilan seperti cairan higroskopis, berminyak, tak berwarna, dan tak berbau. Asam sulfat juga sering disebut sebagai minyak vitriol.

Baca Juga:Gibran Minta Maaf Atas Salah Ucap Mengenai Asam Sulfat yang Viral di Media Sosial!Jadwal Sholat 5 Waktu Daerah Sumedang: Berdasarkan Ketentuan Kemenag!

Asam sulfat memiliki banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Produksi dunia asam sulfat pada tahun 2001 adalah 165 juta ton, dengan nilai perdagangan sebesar USD8 juta. Kegunaan utamanya antara lain adalah untuk pembuatan pupuk, kilang minyak, serabut buatan, bahan kimia industri, plastik, farmasi, baterai, dan bahan ledak.

Asam sulfat juga terbentuk secara alami di bumi dan di luar angkasa. Asam sulfat merupakan komponen utama hujan asam, yang terjadi karena oksidasi sulfur dioksida di atmosfer dengan keberadaan air. Sulfur dioksida adalah produk sampingan utama dari pembakaran bahan bakar seperti batu bara dan minyak yang mengandung sulfur.

Asam sulfat juga terbentuk melalui oksidasi mineral sulfida, misalnya besi sulfida. Air yang dihasilkan dari oksidasi ini sangat asam dan disebut sebagai air asam tambang. Air asam ini mampu melarutkan logam-logam yang ada dalam bijih sulfida, yang akan menghasilkan uap berwarna cerah yang beracun. Di luar angkasa, asam sulfat diproduksi di atmosfer bagian atas Venus dari karbon dioksida, sulfur dioksida, dan uap air secara fotokimia oleh cahaya Matahari.

0 Komentar