Desa Sukagalih Prioritaskan Ketahanan Pangan dan Kesehatan

OPTIMIS: Kepala Desa Sukagalih Onih Noer Rosidah (kiri) berfoto bersama bidan desa, saat memberikan penjelasan terkait alokasi anggaran di bidang kesehatan, di desanya, baru-baru ini.
OPTIMIS: Kepala Desa Sukagalih Onih Noer Rosidah (kiri) berfoto bersama bidan desa, saat memberikan penjelasan terkait alokasi anggaran di bidang kesehatan, di desanya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Desa Sukagalih Kecamatan Sumedang Selatan realisasikan anggaran Dana Desa (DD) tahap II tahun anggaran 2023 dan anggaran Bantuan Keuangan Desa (Bankudes). Anggaran bersumber dari anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pada bidang ketahanan pangan dan kesehatan.

“Alokasi pertama dari DD tahap II anggaran perubahan di alokasikan pada program ketahanan pangan di Desa Sukagalih dialokasikan pertama pada pembangunan irigasi di RW 05 dan pembangunan hotmix jalan lingkungan di RW 03,” kata Kepala Desa (Kades) Sukagalih, Onih Noer Rosidah, kepada Sumeks baru – baru ini.

Adapun untuk bidang kesehatan yaitu rehab posyandu di RW 04 dan pembangunan lanjutan lantai bawah posyandu RW 02.

Baca Juga:Rakyat Sulit Menilai Integritas Capres-CawapresMata Air Cigirang Alami Lonjakan Pengunjung

Kades mengatakan, alokasi yang kedua dari Bankudes yang bersumber dari Pemkab dialokasikan pada pengadaan pipanisasi air bersih dari sumur artesis bagi warga.

“Sarana pipanisasi air bersih kami prioritaskan, karena merupakan sumber kehidupan dan kesehatan warga yang sangat vital dalam kehidupan keseharian warga,” ujarnya.

Kades mengatakan, pihaknya selaku pemerintahan desa berharap, masyarakat bisa mengedukasi dan membuat literasi, bahwa dengan pembangunan irigasi, pembangunan jalan masyarakat bisa memaanfaatkanya untuk meningkatkan produktivitas di bidang pertanian dan peternakan, yang bisa mendukung laju pertumbuhan ekonomi desa.

“Untuk pembangunan posyandu dan pengadaan sarana pipanisasi, kami harapkan kesehatan masyarakat bisa meningkat dan bisa menurunkan angka stunting khususnya di Desa Sukagalih,” jelas Kades.

Kades berharap, program ketahanan pangan dan kesehatan bisa terus bisa berkelanjutan.

“Bukan hanya sekedar menyerap anggaran saja, tapi bisa meningkatkan kesehatan dan perekonomian masyarakat di Desa Sukagalih ke arah yang lebih maju,” pungkas Kades. (ahm)

0 Komentar