Janji Ganjar untuk Cegah Stunting: Harus Memantau dari Masa Kehamilan!

Janji Ganjar untuk cegah Stunting
Janji Ganjar untuk cegah Stunting(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Janji Ganjar untuk cegah stunting, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Selanjutnya menurut WHO (2020) stunting adalah pendek atau sangat pendek berdasarkan panjang / tinggi badan menurut usia yang kurang dari -2 standar deviasi (SD) pada kurva pertumbuhan WHO yang terjadi dikarenakan kondisi irreversibel akibat asupan nutrisi yang tidak adekuat dan/atau infeksi berulang / kronis yang terjadi dalam 1000 HPK.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memantau 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) ibu hamil. Ganjar mengatakan hal itu sebagai salah satu upaya untuk mencegah stunting atau kasus gagal tumbuh pada anak.

Baca Juga:Manfaat Jam Tangan Pintar Pada Ibu Hamil: Keunggulan Smartwatch yang Berbeda Dari yang Lain!Berobat ke Puskesmas Apa Harus Sesuai Domisili? Bagaimana Jika Domisi KTP Jauh?

Maka, Ganjar pun mendorong program unggulan satu desa satu fasilitas kesehatan satu tenaga kesehatan.

“Itu mesti kami wujudkan, sehingga mereka bisa ditangani mulai ibu mengandung sampai mereka melahirkan. 1000 hari pertama itu waktu atau golden time yang betul-betul harus diurus,” kata Ganjar.

Ganjar menuturkan pendataan dari seluruh usia kehamilan dari waktu ke waktu sangat penting dilakukan. “Kalau tidak ada masalah, jalan. Kalau ada masalah kami tandai,” paparnya.

Kemudian, dia pun menyinggung program 5NG (JateNG GayeNG NginceNG WoNG MeteNG). Program itu dimulai pada 2016, ketika Ganjar masih menjabat Gubernur Jawa Tengah.

Diketahui, nama yang digunakan tersebut memiliki arti Jawa Tengah dengan slogannya ‘Jateng Gayeng’, yakni ingin mengurangi kematian ibu dan bayi dengan ‘nginceng wong meteng’, yang memiliki arti ‘mengintip/memantau orang hamil’.

“Ini mengintip orang hamil, mengintip dalam arti perhatian khusus pada ibu hamil, sehingga gizinya harus cukup,” paparnya.

Lebih lanjut, Ganjar berkomitmen mendorong one student, one client untuk bisa mendampingi ibu hamil agar mencegah stunting. Hal itu, kata dia, sebagai upaya pemerintah menurunkan stunting sampai mencapai target 14% di 2024.

Baca Juga:Masuk Musim Hujan Petani Sumedang Mulai Menggarap Sawah Setelah Kemarau Panjang!Kuatkan Imun Tubuh dengan Menjaga Kesehatan Saat Hujan!

“One student, one client, untuk bisa mendampingi, sehingga bisa kita cegah. Jadi, sebenarnya ada banyak cara dan keterlibatan banyak orang untuk bisa membantu,” tuturnya.

Itulah informasi mengenai Janji Ganjar untuk cegah Stunting.

0 Komentar