Libur Natal KEMENHUB Adakan Mudik Gratis: Yuk Berkumpul Bersama Keluarga Saat Tahun Baru!

Libur Natal Kemenhub adakan mudik gratis
Libur Natal Kemenhub adakan mudik gratis(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Libur Natal Kemenhub adakan mudik gratis, hari natal sebentar lagi akan dilaksanakan, pemerintah memfasilitasi mudik gratis khusus nataru. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan fasilitas tersebut bertujuan agar para pemudik motor beralih ke mudik gratis dengan transportasi umum.

Menurutnya, mudik dengan dengan menggunakan motor dinilai berisiko.

“Oleh karenanya saya dengan segala kerendahan hati mengimbau masyarakat untuk seyogyanya tidak menggunakan motor saat mudik Natal-Tahun Baru,” ujar Budi

Hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi menunjukkan potensi pergerakan untuk Natal dan Tahun Baru kali ini sebesar 107,6 juta orang. Angka ini naik 43 persen jika dibandingkan dengan Natal 2022-Tahun Baru 2023.

Baca Juga:Peringatan Presiden Turki Pada Israel untuk Jangan Memburu Hamas!Timses Usul Debat Capres Berbahasa Inggris: Ini Bukan Lomba Bahasa!

Terkait moda transportasi yang digunakan oleh pemudik Nataru ini, mobil pribadi menjadi primadona, yakni sekitar 35 persen, kemudian sepeda motor 17 persen, kereta api 13 persen.

Dari hasil survei itu juga diketahui bahwa pemudik paling banyak menuju tempat wisata sebanyak 45 persen, pulang kampung 30 persen, merayakan Nataru sebanyak 18 persen.

Kemenhub memperkirakan puncak arus mudik Natal terjadi pada 22-23 Desember 2023 dan puncak arus balik Natal pada 26-27 Desember 2023.

Sementara, puncak arus mudik Tahun Baru diperkirakan terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan puncak arus baliknya pada 1-2 Desember 2024.

Itulah informasi mengenai Libur Natal Kemenhub adakan mudik gratis. Semoga bermanfaat!

0 Komentar