Kapolres Sumedang Terlibat dalam Strategi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi

Kapolres Sumedang Terlibat dalam Strategi Kesiapsiagaan
Kapolres Sumedang Terlibat dalam Strategi Kesiapsiagaan(pint/ist/ilustrasi)
0 Komentar

sumedangekspres – Kapolres Sumedang Terlibat dalam Strategi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi, Pada bulan November hingga saat ini, Sumedang, yang dikenal dengan lanskap pegunungan dan sungai, mengalami serangkaian insiden karena hujan deras.

Mulai dari pohon tumbang, tanah longsor, banjir, hingga korban jiwa karena sambaran petir, telah mengundang perhatian.

Kondisi ini menegaskan perlunya langkah antisipasi dan penanggulangan terhadap bencana alam.

Baca Juga:Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta: Big Match BRI Liga 1 yang Dinantikan!Tawaran Tak Mewah dari Manchester United: Manchester United Tertarik Beli Bek Muda dari Ligue 1

Melihat situasi tersebut, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan S.H., S.I.K., bersama elemen TNI-Polri serta pemerintah daerah setempat, mengambil langkah serius.

Mereka bergabung dalam Apel Siaga Bencana Alam Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan secara virtual pada pukul 07.00 Wib di Aula Kodim 0610/Sumedang.

Dalam pertemuan tersebut, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Mahpudin, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, dan Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., turut hadir.

Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi kemungkinan bencana alam, terutama di musim hujan.

Bey Mahpudin menegaskan, “Kerjasama antara pemerintah, TNI/Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, dan seluruh komponen masyarakat sangat diperlukan dalam menanggulangi dampak bencana dengan respons yang cepat, tepat, dan terpadu.”

Adanya status siaga darurat bencana yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat memperkuat keseriusan dalam menghadapi bencana seperti banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor di wilayah tersebut.

Sementara itu, Apel Siaga Bencana Alam Tingkat Kabupaten Sumedang di Lapangan Upacara Kodim 0610/Sumedang juga diselenggarakan, dihadiri oleh peserta dari TNI Polri dan instansi terkait.

Baca Juga:Gubernur Jakarta Dipilih Presiden? PKS Meradang: Ajang Nepotisme atau Transformasi?DPRD DKI Jakarta Menolak Wacana Gubernur Dipilih Langsung oleh Presiden

Kapolres Sumedang mengajak semua pihak untuk melakukan pemetaan potensi bencana alam dan mengambil tindakan nyata guna meminimalisir kerentanan, serta memberikan respons cepat saat bencana terjadi.

Dengan sinergi dan kerjasama yang solid antara berbagai pihak, diharapkan risiko dan dampak dari bencana alam di Sumedang dapat diminimalkan, menjaga keselamatan masyarakat, dan memulihkan situasi keamanan serta kondusifitas wilayah.

0 Komentar