Mengapa Cadas Pangeran Sumedang Selalu Longsor? Apa Penyebabnya? 

Mengapa di Cadas Pangeran Sumedang selalu longsor
Mengapa di Cadas Pangeran Sumedang selalu longsor(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Mengapa Cadas Pangeran Sumedang selalu longsor, jalan Cadas Pangeran Sumedang setiap hujan dengan intensitas tinggi pasti akan mengalami longsor atau pohon tumbang.

Yang lebih parahnya lagi ada beberapa batu besar menggelinding dari atas tebing setinggi 30 meter menghantam dua mobil yang sedang melintas.

Tidak ada korban jiwa, namun para penumpang mobil Toyota Honda Freed dan Fortuner mengalami luka. Adapun kedua mobil mengalami rusak parah dihantam batu tebing yang sangat besar.

Mengapa Cadas Pangeran selalu longsor?

Baca Juga:Keunikan Balong Geulis Sumedang: Destinasi Alam Diatas Ketinggian yang Instagramble Banget!Tempat Surabi Terenak di Sumedang: Nyurabi Saat Hujan Bikin Hati Senang!

Seorang pakar Geografi T. Bachtiar sudah menyatakan bahwa Cadas Pangeran merupakan fosil gunung api purba pada jutaan tahun yang lalu.

Letusan gunung api tua itu berupa lava dan batuan beku yang sangat kuat. Saking kuatnya, para pekerja yang diperintah Daendals untuk membuat jalan Cadas Pangeran sangat kesulitan saat menembus cadas karena menggunakan alat manual.

T. Bachtiar juga menyatakan kekhawatiran karena hari ini telah terjadi alih fungsi lahan di area Cadas Pangeran.

Perubahan fungsi lahan dari hutan menjadi kebun dapat menyebabkan pohon besar ditebang, sehingga batuan kehilangan pengikat.

Dengan demikian, mudah rontok jatuh ke bawah.

Selain itu, saluran air harus betul-betul diperhatikan. Jika saluran air hujan terlalu banyak meresap ke tebing, maka tebingnya akan jenuh air, sehingga batuan-batuan yang telah lepas dan besar-besar akan rontok ke bawah.

Pertanyaannya, apakah saran dari Pakar Geografi beberapa bulan yang lalu ini diperhatikan oleh Pemda Sumedang, sebagai penguasa lokal, atau kementerian PUPR yang membidangi Jalann Nasional tersebut.

Sebab kalau abai, maka peristiwa longsor batu besar akan terus terjadi, terutama saat musim penghujan.

Baca Juga:Rekomendasi Wisata Alam Terfavorit untuk Liburan Akhir Tahun di Sumedang!Primadona Tersembunyi di Sumedang: Wisata Alam dengan Harga Tiket Murah Meriah!

Sungguh membuat was-was para pengemudi yang melintas ke jalur tersebut karena resikonya adalah nyawa.

Sepertinya, tak salah kalau dibentuk satuan kerja khusus yang memantau keamanan jalur Cadas Pangeran sepanjang waktu.

Dapatlah melibatkan masyarakat setempat karena mereka lebih mengetahui situasi sesungguhnya setiap waktu.

Itulah informasi mengenai Mengapa Cadas Pangeran Sumedang selalu longsor. Tetap hati-hati, ya!

0 Komentar