Keajaiban Mata Air Keramat Dayeuhluhur Sumedang!

Keajaiban Mata air keramat Dayeuhluhur Sumedang.
Keajaiban Mata air keramat Dayeuhluhur Sumedang.(jadesta.kemenparekraf.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres– Keajaiban Mata air keramat Dayeuhluhur Sumedang, ternyata di Sumedang yang bertepatan di Dayeuhluhur terdapat mata air yang memiliki keajaiban dan khasiat yang jarang orang ketahui.

Letak Tujuh Mata Air Keramat tersebut berada si sekitar makam Eyang Jaya Perkasa Desa Dayeuh Luhur Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang.

Selain dikenal kampung wisata religi yang memiliki keindahan pesona alam. Desa Dayeuhluhur juga memiliki tradisi unik dengan adanya beberapa mata air.

Baca Juga:Intensitas Hujan Mulai Tinggi: Berikut Alat Pendeteksi Banjir!Sejarah Lahirnya Tari Umbul Sumedang: Apa yang Menjadi Ciri Khas?

Adapun ke tujuh Mata Air Keramat tersebut. Yaitu, yang pertama Mata Air Keramat Ciasihan/Ciginasihan, Cikajayaan, Cikahuripan, Cikawedukan, Ciderma, Ciseger/Menceger dan Cipaingan.

Dudu salah satu Juru Kunci Makam di Desa Dayeuhluhur mengatakan, ketujuh Mata Air keramat tersebut masing-masing mempunyai keistimewaan

“Seperti Mata Air keramat Ciasihan untuk daya tarik atau pemikat dari segala urusan dan disenangi orang. Cikajayaan untuk awet muda, Cikahuripan supaya badan kita sehat tidak mudah terkena penyakit dan bisa untuk dipakai pengobatan orang yang sakit-sakitan,” ujar Dudu

Selanjutnya, sambung Dudu, yaitu air Mata Air Cikawedukan supaya kebal dalam arti untuk kekebalan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kemudian Ciderma yang airnya sangat bening, air tersebut kalau bercampur dengan air sungai yang lain dikala turun hujan air itu terpisah tetap kelihatan bening.

Sementara Mata Air Cimenceger (cibiru), airnya kelihatan seperti air laut dari kejauhan, berwarna biru dan air tersebut terletak disebelah timur makam Eyang Jaya Perkasa.

Kelebihannya bisa dipakai untuk pengobatan orang yang sakit jiwa mendadak atau sterss. Dan yang terakhir air keramat Cipaingan untuk menangkal orang-orang yang suka jahil, mengunakan cara-cara ilmu hitam.

Itulah informasi mengenai Keajaiban Mata air keramat Dayeuhluhur Sumedang. Semoga bermanfaat!

0 Komentar