Makna Kujang Sepasang Ikon Ala Liberty di Sumedang: Jadi Destinasi Liburan Keluarga!

Makna Kujang sepasang ikon ala Liberty di Sumedang
Makna Kujang sepasang ikon ala Liberty di Sumedang(Google Bisnisku/Sepeda Rekreasi)
0 Komentar

sumedangekspresMakna Kujang sepasang ikon ala Liberty di Sumedang,

Pembangunan masjid megah berbentuk teratai putih itu dan menara dengan kujang, perkakas tradisional Sunda, yang kembar di sebrang masjid telah memakan waktu dua tahun.

Bagaimana cerita di balik pembangunan dua ikon itu? TribunJabar.id mendapatkan cerita kedua bangunan itu disketsa oleh Ridwan Kamil secara dadakan.

“Waktu itu suasana kebatinan Pak Emil (Ridwan Kamil) sedang enjoy, maka langsung menggambar saat melihat dua bukit di Panenjoan yang saling berhadapan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman

Baca Juga:Anggaran Miliaran untuk Menara Kujang Sumedang: Apa yang Menjadi Keistimewaan?CPNS 2024 Banyak Membuka Formasi Fresh Graduate: Cek Jumlah Formasi Berikut!

Herman kemudian merunut ceritanya dari awal. Dia mengatakan, pembangunan masjid dan menara yang menghabiskan uang lebih dari Rp100 miliar itu dimulai dari kunjungan Ridwan Kamil ke Command Center Sumedang untuk melihat tranformasi digital dijalankan.

Dengan sederet prestasi Kabupaten Sumedang yang memukau, Ridwan Kamil turut bahagia. Apalagi saat Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyampaikan bahwa dirinya mencontoh tranformasi digital di Kota Bandung saat Emil menjabat sebagai Wali Kota.

“Pak Emil berbunga-bunga. Dalam kondisi itu, mereka berdua (termasuk juga rombongan Sekda) ke Jatigede untuk melihat-lihat lapangan,” katanya.

Di perjalanan, Bupati Dony menyampaikan bahwa Sumedang telah menjadi lokasi proyek nasional untuk kepentingan Jawa Barat dan Indonesia. Namun, Sumedang sendiri tak dapat apa-apa.

Sumedang jangan sampai meleleh seperti lilin. Menerangi wilayah lain, tapi sendirinya habis terbakar.

“Bupati menyampaikan, Pak Gubernur, tolong dibantu. Sumedang harus maju di bidang pariwisata,” kata Sekda.

Rombonganpun sampai di Panenjoan, salah satu pesisir Waduk Jatigede. Di lokasi itu, pemandangan sangat bagus terlihat.

Baca Juga:Akses Jalan Paseh-Buah Dua Mulai Bagus: Kamu Tidak Perlu Khawatir Becek Saat Hujan!Tempat Mixue Sumedang Terdekat dengan Tol Cisumdawu: Es Cream Creamy Bikin Nagih!

“Spontan, Pak Emil ngambil pensil dan kertas. Beliau membuat sketsa di punggungnya Kasatpol PP,”

“Muncullah. Di tempat yang dipijaknya, digambar masjid. Di bukit yang di sebrangnya, digambar menara kujang,” kata Sekda.

Gubernur bertanya apakah Bupati Dony siap membangun? Dijawab dengan riang, bupati siap.

Mulanya, anggaran pembangunan dua ikon Sumedang itu harus dicari sendiri. Namun akhir-akhir, dalam paripurna APBD Jawa Barat, Gubernur memberikan biaya pembangunan sepenuhnya.

0 Komentar