Pengungsi Rohingya di Aceh Sudah Dipantau Komnas HAM

Pengungsi Rohingya di Aceh Sudah di Pantau Komnas HAM
Pengungsi Rohingya di Aceh Sudah di Pantau Komnas HAM(tangkapan layar/ig @komnas_ham)
0 Komentar

sumedangekspres – Pengungsi Rohingya di Aceh Sudah dipantau Komnas HAM

Ketua Komisi Nasional HAM Asasi Manusia (Komnas HAM) Atnike Nova Sigiro menyatakan bahwa timnya telah melakukan pemantauan terhadap keadaan pengungsi Rohingya yang diduga telah diselundupkan oleh agen ke Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Ia mengklaim bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga temasuk Kemenkumham untuk memastikan para pengungsi mendapat perlindungan.

Atnike juga menyuarakan pendapat bahwa pemerintah Indonesia sebaiknya aktif dalam mendorong penyelesaian dari akar permasalahan terkait pengungsi Rohingya di Aceh.

Baca Juga:Melly Goeslaw Kampanye di Bandung, Blusukan ke PasarPj Bupati Sumedang Herman Suryatman Lolos 10 Besar Seleksi Calon Sekda Provinsi Jawa Barat

ia mengharapkan, Indonesia sebagai bagian dari Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dapat memperjuangkan upaya untuk menyelesaikan masalah pengungsi Rohingya.

Hal itu ditanggapi Menteri Hukum dan HAM Yasonna H.Laoly bahwa Indonesia sudah melakukan banyak upaya baik untuk para pengungsi luar negeri, temasuk para pengungsi rohingnya.

Namun, Yasonna tidak menampik dengan adanya isu-isu sosial yang muncul akibat kehadiran mereka. “Kita lihat reaksi sosial dari masyarakat kita, perbedaan kultur, perbedaan budaya selalu terjadi,” ungkap Yasonna.

Sebelumnya, para pengungsi Rohingya terus berdatanganke ke pesisir pantai di Aceh. Meski telah diberikan tempat sementaram, namun warga Aceh menolak kehadiran mereka.

Baru-baru ini terungkap bahwa ada agen yang menyelundupkan pengungsi Rohingya di Aceh di selundupkan dari kamp di Bangladesh ke Kabupaten Pidie, Aceh, dengan imbalan sejumlah uang.

Saat ini agen yang menyelundupkan telah diamankan oleh pihak kepolisian.

0 Komentar