Keempat Kalinya Sumedang Raih IGA 2023 Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Keempat Kalinya Sumedang Raih IGA 2023 Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif
Keempat Kalinya Sumedang Raih IGA 2023 Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif(istimewa/sumedangkab.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Keempat Kalinya Sumedang Raih IGA 2023 Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Untuk keempat kalinya Kabupaten Sumedang kembali meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 sebagai Kabupaten sangat inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penyerahan penghargaan itu diberikan di Jakarta pada, Selasa (12/12/2023). Penghargaan yang dimulai sejak tahun 2007 itu merupakan apresiasi dari Kemendagri untuk pemerintah daerah yang telah berhasil berinovasi untuk menyelanggarakan pemerintahan.

IGA adalah sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada bidang inovasi yang dilaksanakan dengan pengukuran Indeks Inovasi Daerah.

Baca Juga:Dede Tresnawan Guru SLBN-B Sumedang, Disabilitas Tunanetra Jadi SarjanaDPKP Sumedang Gelar Pangan Murah di Tanjungsari

Sumedang raih IGA 2023 dengan dilakukan pengukuran Indeks Inovasi Daerah pada tahun 2023 telah dilaksanakan pada bulan Mei sampai tanggl 28 Juli 2023.

Dengan Sumedang raih IGA 2023, Pj Bupati Herman Suryatman mengungkapkan, penghargaan ini harus dimaknai sebagai amanah dan tanggung jawab. Karena penghargaan yang telah didapat akan berpengaruh pada pelayanan publik.

Pj Bupati menyampaikan banyak terima kasih kepada Kemendagri yang sudah memberikan apresiasinya. Pemkab Sendiri terus bekerja sama dengan berbagai OPD dan berbagai pihak untuk terus melakukan inovasi. Imbuhnya.

Dengan penghargaan tersebut Pj Bupati berharap, penghargaan yang telah didapat bisa menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemkab Sumedang dan seluruh komponen masyarakat untuk terus memajukan Kabupaten Sumedang.

Pemkab Kabupaten Sumedan sendiri telah melaporkan 120 Inovasi Daerah ke Kementerian Dalam Negeri.

120 inovasi tersebut merupakan hasil penjaringan inovasi dari perangkat daerah yang diunggah melalui SIKOMPLIT e-Office yang memiliki tingkat maturitas tinggi setelah diverifikasi oleh Tim Verifikator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) BAPPPPEDA Sumedang.

Maturitas inovasi tersebut diperoleh dari 20 indikator inovasi yang harus dipenuhi data pendukungnya. Beberapa inovasi unggulan yang turut dilaporkan adalah aplikasi SIMPATI, WA KEPO, SIPEDO, SIGEOL, Jampe Harupat, Sindang, e-Office dan e-Office Desa.

Sumber : sumedangkab.go.id

0 Komentar