Pembangunan Terminal Transportasi Publik oleh Presiden Jokowi untuk Meningkatkan Konektivitas Antar Daerah

Pembangunan Terminal Transportasi Publik oleh Presiden Jokowi untuk Meningkatkan Konektivitas Antar Daerah
Pembangunan Terminal Transportasi Publik oleh Presiden Jokowi untuk Meningkatkan Konektivitas Antar Daerah (ist/ig/jokowi)
0 Komentar

sumedangekspres – Presiden Joko Widodo Republik Indonesia menekankan pentingnya pengembangan transportasi umum dan infrastruktur untuk memperkuat konektivitas antar daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan pada Rabu (13/12/2023) saat peresmian Terminal Tipe A Tinkir, Terminal Paya Ilang, dan Terminal Anak Air di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya transportasi dalam meningkatkan konektivitas antar kota dan mendukung mobilitas masyarakat.

Baca Juga:Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Ambil Sikap Tegas terhadap Kemacetan Akibat Truk Tambang di ParungpanjangKasus Pembunuhan MC Garut: Terkuaknya Hubungan Terlarang yang Berujung Tragedi

Ia yakin perkembangan ini akan membawa manfaat besar, terutama di saat jumlah penumpang meningkat, seperti menjelang hari raya dan tahun baru.

Presiden juga mengatakan, peningkatan jumlah penumpang akan berdampak positif terhadap kenyamanan pengguna transportasi darat.

Terminal Tipe A Tingkir di Kota Salatiga yang pembangunannya memakan biaya Rp 34,8 miliar ini mengoperasikan 235 bus per hari, baik rute antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP).

Terminal Paya Ilang yang terletak di pusat Aceh, Provinsi Aceh, dibangun dengan biaya Rp 22 miliar dan mengoperasikan 91 bus per hari. Sedangkan Terminal Anak Air di Kota Padang, Sumatera Barat menghabiskan dana Rp94,8 miliar untuk 109 layanan bus per hari.

Presiden Jokowi menekankan bahwa ketiga terminal tersebut tidak hanya sebagai tempat naik turun penumpang, melainkan juga sebagai pusat kegiatan UMKM, perbelanjaan, dan kegiatan sosial lainnya.

Terminal ini dirancang dengan fasilitas modern dan beragam, menjadikannya pusat integrasi berbagai moda transportasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, berharap ketiga terminal ini dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya.

Baca Juga:Antisipasi Pemerintah Hadapi Lonjakan Perjalanan Nataru 2023/2024Pemangkasan Pohon di Jalan Cadas Pangeran oleh BPBD dan Instansi Terkait: Langkah Preventif untuk Keamanan Pengguna Jalan

Dengan adanya infrastruktur transportasi yang memadai, diharapkan akan terjadi peningkatan aktivitas ekonomi dan konektivitas yang lebih baik antar daerah.***

Demikian merupakan artikel mengenai Pembangunan Terminal Transportasi Publik oleh Presiden Jokowi untuk Meningkatkan Konektivitas Antar Daerah.

Berita tersebut sudah tayang di website Pasundan Ekspres. Dengan judul “Sarana Transportasi Terbaru, Jokowi Dukung Pembangunan Terminal untuk Meningkatkan Mobilitas”.

0 Komentar