Prakiraan Cuaca Sumedang 15 Desember 2023

Prakiraan Cuaca Sumedang 15 Desember 2023
Prakiraan Cuaca Sumedang 15 Desember 2023 (ist/altair.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Prakiraan Cuaca Sumedang 15 Desember 2023.

Hari ini, cuaca di Kabupaten Sumedang cenderung berawan sejak pagi hingga sore. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tengah memantau perubahan cuaca dan iklim di seluruh Indonesia, yang menunjukkan dinamika atmosfer signifikan yang dapat mempengaruhi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Prediksi BMKG menyatakan bahwa secara umum, cuaca di Kabupaten Sumedang akan berawan pada Jumat (15/12/2023) dari pagi hingga sore.

BMKG mengidentifikasi beberapa fenomena atmosfer penting yang dapat memicu peningkatan curah hujan di Indonesia, seperti Madden Julian Oscillation (MJO) yang bergerak ke wilayah Indonesia bagian barat, gelombang Equatorial Rossby (ER) di sebagian wilayah Indonesia, penguatan monsun Asia, Bibit Siklon Tropis 99W di Laut Natuna Utara, dan anomali positif suhu muka laut di beberapa wilayah.

Baca Juga:Alun-alun Surian Sumedang, Dony Ahmad Munir : Aspirasi Warga TerwujudDamkar Sumedang Evakuasi Ular Welang 1,5m di Lemari Warga

Stasiun BMKG Jabar memprediksi bahwa hujan dengan intensitas ringan mulai turun pada akhir Oktober-November 2023, meskipun sejumlah titik di Jawa Barat sudah mengalami hujan pada November.

Rakhmat dari BMKG menjelaskan bahwa musim kemarau tahun ini lebih panjang, berbeda dengan dua tahun sebelumnya, dan ada potensi penurunan curah hujan karena El Nino dalam level sedang.

Menurut BMKG, cuaca di sebagian wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur pada pagi hari cenderung cerah berawan, dengan potensi hujan ringan hingga sedang menjelang siang.

Pada siang dan sore hari, cuaca secara umum berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Pada malam hari, terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Purwakarta.

BMKG mencatat suhu udara di Jawa Barat berkisar antara 17 – 37 °C dengan kelembapan udara 45 – 98 persen, dan angin umumnya bertiup dari timur laut – tenggara dengan kecepatan 05 – 50 km/jam.

Demikian pembahasan mengenai Prakiraan Cuaca Sumedang 15 Desember 2023.***

0 Komentar