Potensi Hujan Intensitas Tinggi di Daerah Sumedang: BPBD Imbau Masyarakat untuk Waspada Terhadap Bencana!

Potensi hujan intensitas tinggi di daerah Sumedang
Potensi hujan intensitas tinggi di daerah Sumedang(IST)
0 Komentar

sumedangekspres– Potensi hujan intensitas tinggi di daerah Sumedang, saat ini curah hujan di kabupaten Sumedang cukup tinggi, bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, supaya meningkatkan kesiapsiagaan dini dalam menghadapi potensi bencana di musim hujan.

Imbauan ini, disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang Atang Sutarno, sebagai bentuk kewaspadaan dini daerah dalam menghadapi potensi bencana di musim hujan.

“Sekarang kan sudah mulai memasuki musim hujan, jadi semua masyarakat harus sudah mulai meningkatkan kesiapsiagaan dini,” kata Atang Sutarno

Baca Juga:Wisata Favorit Sumedang yang Cocok Dikunjungi Ketika Libur Sekolah Tiba!Kuliner Khas Timur Tengah Nasi Mandhi Ada di Sumedang! Lokasi Dimana? Dekat Pasar Inpres?

Atang menyebutkan, sesuai data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, Kabupaten Sumedang ini, tergolong ke dalam daerah yang rawan terjadi gerakan tanah dengan level menengah tinggi atau sedang.

Bencana pergerakan tanah ini, kata Atang, biasanya akan terjadi pada saat musim hujan. Maka sebagai langkah antisipasinya, semua warga harus meningkatkan kewaspadaan dini.

Langkah yang harus dilakukan masyarakat sebagai bentuk kesiapsiagaan dini ini, di antaranya harus menjaga lingkungan agar tetap bersih, menjaga hutan agar tidak gundul, membersihkan saluran agar tidak terjadi penyumbatan yang dapat menimbulkan banjir serta longsor, serta menutupi retakan-retakan tanah yang timbul akibat musim kemarau panjang kemarin.

“Ini semua merupakan salah satu langkah pencegahan untuk meminimalisasi potensi bencana di lingkungan kita. Jadi intinya, dalam menghadapi musim hujan ini, kita semua harus meningkatkan kewaspadaan,” ujar Atang.

Atang juga menuturkan, pada musim hujan seperti ini, warga sebaiknya harus menghindari aktivitas bermain di sungai ataupun di sekitar air terjun. Hal ini, tentunya perlu menjadi perhatian masyarakat, dalam rangka menghindari ancaman bencana akibat naiknya debit air karena tingginya curah hujan.

“Kalau cuaca sudah terlihat mendung, warga harus segera menghindari aktivitas di sekitar sungai. Soalnya takut terjadi banjir bandang, atau hal-hal lain yang dapat membahayakan keselamatan jiwa kita,” ucap Atang.

Atang menjelaskan, musim hujan ini memang harus diwaspadai, karena dalam musim basah seperti ini sangat rentan terjadi bencana, baik itu bencana banjir, atau bencana pergerakan tanah dan longsor.

0 Komentar