Benteng Gunung Palasari, Destinasi Wisata Sumedang yang Angker?

Benteng Gunung Palasari, Destinasi Wisata Sumedang yang Angker?
Benteng Gunung Palasari, Destinasi Wisata Sumedang yang Angker? (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Benteng Gunung Palasari, Destinasi Wisata Sumedang yang Angker?

Bagi Anda yang sedang menjelajah ke daerah Sumedang, pastikan untuk meluangkan waktu mengunjungi destinasi wisata yang unik ini, yaitu Benteng Gunung Palasari Sumedang.

Benteng Gunung Palasari Sumedang adalah salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh.

Lokasinya terletak di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Gunung Palasari, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Jadwal Sholat Sumedang Minggu 17 Desember 2023Fakta Menarik Kolam Air di Situs Batu Taman Gunung Geulis Sumedang : Mandi di Sini Bisa Menambah Daya Tarik?

Tidak hanya Benteng Gunung Palasari, Kabupaten Sumedang memiliki banyak lagi warisan cagar budaya lainnya dari masa Pemerintahan Hindia Belanda.

Catatan sejarah mencatat bahwa pembangunan Benteng Gunung Palasari dimulai sekitar tahun 1913 hingga 1917.

Dinding benteng yang mengelilingi puncak Gunung Palasari memiliki ketebalan sekitar 60 sentimeter.

Di sekitar kawasan Benteng Gunung Palasari Sumedang, tumbuh lebih dari 205 jenis tanaman.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menjadikan Tahura Gunung Palasari sebagai destinasi wisata unggulan.

Informasi dari petugas pengelola area Benteng Gunung Palasari mengungkapkan bahwa benteng ini memiliki banyak ruangan dengan ukuran rata-rata 2 x 7 meter, masing-masing memiliki fungsi tertentu.

Beberapa di antaranya bekas barak pasukan tentara Belanda, ruang senjata, dan tempat pemasungan.

Baca Juga:3 Wisata Alam Sumedang yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Tahun BaruPrakiraan Cuaca Sumedang 17 Desember 2023

Salah satu keunikan benteng ini adalah ruangan yang dianggap lumayan angker, dengan ukuran lebih luas (2 x 7 meter persegi) dan dilengkapi dengan tempat khusus untuk memasung orang.

Ruangan ini, selain dari fungsi pertahanan, mungkin digunakan sebagai barak pasukan Belanda, tempat penyimpanan mesiu, atau bahkan pos observasi.

Mengunjungi Benteng Gunung Palasari Sumedang bukan hanya sebuah perjalanan wisata sejarah, tetapi juga memperoleh fasilitas seperti area parkir, mushola, kamar mandi, penginapan, dan berbagai layanan lainnya.

Jelajahi dan rasakan atmosfir keangkeran sejarah yang tersembunyi di setiap ruangannya. Beranikah Anda mencoba petualangan ke Benteng Gunung Palasari di Sumedang?

0 Komentar