Fakta Menarik Kolam Air di Situs Batu Taman Gunung Geulis Sumedang : Mandi di Sini Bisa Menambah Daya Tarik?

Fakta Menarik Kolam Air di Situs Batu Taman Gunung Geulis Sumedang : Mandi di Sini Bisa Menambah Daya Tarik?
Fakta Menarik Kolam Air di Situs Batu Taman Gunung Geulis Sumedang : Mandi di Sini Bisa Menambah Daya Tarik? (ist/Youtube)
0 Komentar

sumedangekspres – Fakta Menarik Kolam Air di Situs Batu Taman Gunung Geulis Sumedang : Mandi di Sini Bisa Menambah Daya Tarik?

Cerita mengenai Gunung Geulis, wilayah pegunungan di Desa Kamal, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, terkenal karena berbagai situs yang dianggap keramat oleh penduduk setempat.

Beberapa situs keramat di Gunung Geulis meliputi Goa Batu Balandong, Goa Batu Balay, Lawang Kori, Batu Kasur, dan Batu Taman.

Baca Juga:3 Wisata Alam Sumedang yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Tahun BaruPrakiraan Cuaca Sumedang 17 Desember 2023

Di antara situs-situs tersebut, Batu Taman menarik perhatian karena meski terlihat seperti batu besar biasa di permukaan tanah, diyakini memiliki karomah yang luar biasa, terutama melibatkan sumber air di lokasi tersebut.

Menurut Ijang Shodikin (49), seorang warga setempat yang sering mengunjungi Gunung Geulis, Batu Taman menarik perhatian karena di tengahnya terdapat kubangan air yang tidak pernah surut, bahkan saat musim kemarau.

Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri.

Kubangan yang mirip kolam tersebut tidak memiliki lubang ke bawah atau tidak terhubung dengan mata air, namun airnya tetap tidak pernah surut.

Ijang sendiri mengakui kebingungannya terhadap fenomena ini.

Keunikannya tidak berhenti di situ; air dari kubangan Batu Taman ini juga diyakini memiliki berbagai khasiat menurut cerita masyarakat setempat.

Salah satu khasiatnya konon dapat membuat kuda menjadi lebih kuat dan mampu berlari kencang.

Legenda masyarakat menyebutkan bahwa Raden Gadung dan Nyimas Raja Mantri, dua kesatria yang diutus oleh Kerajaan Sumedang Larang untuk menjaga Gunung Geulis, sering memandikan kuda mereka di kubangan tersebut.

Menurut Ijang, orang tua dulu sering menceritakan bahwa air Batu Taman ini digunakan untuk memandikan kuda agar lebih kuat dan lincah.

Baca Juga:Peternak Kambing Ditahan Gegera Bunuh Maling Bergolok Pakai GuntingTeras House di Subang: Dulu Warung Jajanan untuk Anak-anak, Sekarang Tempat Nongkrong Hits

Sejak kecil, Ijang sering melihat pemilik kuda balap datang untuk memandikan kudanya di air Batu Taman.

Selain itu, ada pula yang mencuci muka dengan air dari Batu Taman ini, diyakini untuk pengasihan agar disenangi banyak orang.

Melalui kisah ini, Batu Taman di Gunung Geulis tidak hanya menjadi tujuan wisata sejarah, tetapi juga tempat yang sarat dengan kepercayaan dan khasiat mistis.

0 Komentar