Tingkatkan Literasi di Sumedang, Pj Bupati : Satu Kampung Satu Perpustakaan

Tingkatkan Literasi di Sumedang, Pj Bupati : Satu Kampung Satu Perpustakaan
Tingkatkan Literasi di Sumedang, Pj Bupati : Satu Kampung Satu Perpustakaan(istimewa/hallo.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Tingkatkan Literasi di Sumedang, Pj Bupati : Satu Kampung Satu Perpustakaan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perpustakaan Nasional Endang Aminudin Aziz meresmikan gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Sumedang, Sabtu (16/12/2023) kemarin.

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan, Menumbuhkan literasi bukanlah tugas yang bisa diselesaikan dengan cepat. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun apabila pendekatannya tepat.

Baca Juga:Disparbud Jabar Gelar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2023 di SumedangPenemuan Bayi Laki-laki di Bekas RM Padang Ciamis

Itulah sebabnya, saya mengadvokasi model literasi yang melibatkan semua pihak yang terlibat dalam literasi. Sebuah gerakan literasi yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Sementara itu Pj Bupati Sumedang menyampaikan, pada tahun 2030, Sumedang akan menjadi kabupaten literasi.Dengan setiap sudut kampung harus ada satu perpustakaan.

Dalam rencana besar literasi di Sumedang, Herman berharap literasi tidak terbatas pada lingkup dinas perpustakaan saja. Ia ingin melibatkan sektor lain seperti dinas kesehatan untuk memberikan informasi penting tentang gizi anak guna mencegah stunting.

Begitu juga dengan dinas pertanian, di mana mereka dapat memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang teknik bercocok tanam atau beternak yang tepat.

Pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Sumedang sendiri menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp9,5 miliar.

0 Komentar