Ternyata Ini Arti Ndasmu Etik! Ucapan Prabowo yang Lagi Viral

Ternyata Ini Arti Ndasmu Etik! Ucapan Prabowo yang Lagi Viral
Ternyata Ini Arti Ndasmu Etik! Ucapan Prabowo yang Lagi Viral/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Mari simak artikel tentang arti Ndasmu Etik, ucapan yang dilontarkan Prabowo.

Sebuah video yang menampilkan Prabowo Subianto tengah berbicara di sebuah acara internal Partai Gerindra menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, Prabowo menggunakan istilah ‘ndasmu etik’, yang kemudian menjadi perbincangan di berbagai platform, termasuk TikTok, X, dan Instagram.

Baca Juga:Mahfud MD: Suami Terjerat Korupsi Karena Istrinya Tidak BaikIni Kata Prabowo Usai Bilang ‘Etik Ndasmu’

Dalam video berdurasi pendek itu, Prabowo terlihat berdiri di podium dengan latar belakang logo Partai Gerindra.

Pernyataan ‘Bagaimana perasaan Mas Prabowo? Soal etik, etik, etik. Ndasmu etik’ disebut-sebut sebagai tanggapan terhadap pertanyaan capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengenai putusan Mahkamah Konstitusi terkait batas usia capres-cawapres dalam debat perdana pada Selasa (12/12) lalu.

Secara harafiah, ‘ndasmu’ diambil dari bahasa Jawa yang berarti ‘kepalamu’, sementara ‘etik’ merujuk pada kumpulan nilai terkait akhlak dan benar-salah.

Meskipun arti harafiahnya bersifat netral, tone ‘ndasmu’ umumnya digunakan sebagai ungkapan yang kasar.

Dalam klarifikasi, juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyatakan bahwa pernyataan Prabowo itu hanyalah candaan.

Dahnil menegaskan bahwa Prabowo senang bercanda dan tidak ada unsur serius dalam ucapan tersebut.

Menurutnya, maksud Prabowo adalah mengajak semua pihak untuk melakukan introspeksi dan tidak menilai buruk pihak lain.

Baca Juga:Joe Biden Spill Alasan Indonesia Pindah IKNApa Motto Kabupaten Sumedang? Yuk Simak!

“Maksud Pak Prabowo, mari sama-sama kita periksa isi pikiran kita, isi hati kita, semacam refleksi akhir pekanlah,” ungkap Dahnil.

Dalam konteks politik, Dahnil juga menyoroti pernyataan dari kubu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mengenai Gibran, putra Jokowi.

Dia mencatat bahwa juru bicara Anies pernah menyatakan kecocokan Gibran sebagai calon wakil presiden, dan hal serupa diungkapkan oleh Puan Maharani dari PDIP terkait kemungkinan Gibran sebagai cawapres Ganjar.

Menanggapi video tersebut, Anies Baswedan menyatakan bahwa etik berasal dari kepala, mengindikasikan bahwa pentingnya etika seharusnya tercermin dalam sikap dan tindakan seseorang.

Dengan demikian, video viral Prabowo dengan kalimat ‘ndasmu etik’ ternyata mengandung nuansa candaan politik dan mengajak untuk introspeksi, tanpa maksud merendahkan pihak lain.

Itulah artikel tentang arti Ndasmu Etik, ucapan yang dilontarkan Prabowo.

0 Komentar