Abdel Fattah al-Sisi Kembali Jadi Presiden Mesir Ke 3 Kalinya

Abdel Fattah al-Sisi Kembali Jadi Presiden Mesir Ke 3 Kalinya
Abdel Fattah al-Sisi Kembali Jadi Presiden Mesir Ke 3 Kalinya(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Abdel Fattah al-Sisi Kembali Jadi Presiden Mesir Ke 3 Kalinya

Abdel Fattah al-Sisi berhasil meraih masa jabatan ketiga sebagai presiden Mesir setelah memperoleh dukungan sebanyak 89,6 persen suara dalam pemilihan umum.

Pengumuman ini disampaikan oleh Otoritas Pemilihan Nasional pada hari Senin (18/12/2023).

Pemilihan berlangsung di tengah-tengah usaha Mesir untuk menangani krisis ekonomi serta menangani potensi dampak dari konflik antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza, yang merupakan wilayah yang berdekatan dengan Semenanjung Sinai, Mesir.

Sebagian pemilih mengungkapkan bahwa kejadian perang di Jalur Gaza telah mendorong mereka untuk mendukung Sisi, yang telah lama memperlihatkan dirinya sebagai pilar kestabilan di daerah yang sering mengalami konflik. Hal ini menjadi argumen yang efektif, di mana sekutu-sekutu di kawasan Teluk dan Barat memberikan dukungan finansial kepada pemerintahannya.

Baca Juga:TikTok Shop Dibuka, Mendag Akan Latih Pedagang Pasar Jualan OnlineDituduh Melakukan Kekerasan Seksual, Ketua BEM UI Dinonaktifkan Sementara

Pemilihan presiden Mesir berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 10 hingga 12 Desember. Negara dan media lokal yang diawasi dengan ketat berupaya keras untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Menurut otoritas pemilu, tingkat partisipasi mencapai 66,8 persen, lebih tinggi dari 41 persen pada pemilihan presiden sebelumnya pada tahun 2018.

0 Komentar