Fakta Unik Bank BRI, Yang Memasuki Usia 128 Tahun

Fakta Unik Bank BRI, Yang Memasuki Usia 128 Tahun
Fakta Unik Bank BRI, Yang Memasuki Usia 128 Tahun(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Fakta Unik Bank BRI, Yang Memasuki Usia 128 Tahun

Pada Sabtu (16/12/2023) PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) resmi memasuki usia ke-128 tahun.

Bank BRI resmi didirikan pada tahun 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto di Purwokerto, Jawa Tengah.

Dengan perjalanan yang sangat panjang bank yang didirikan Raden Bei Aria Wirjaatmadja memiliki beberapa fakta unik. Berikut adalah berbagai fakta unik Bank BRI.

1. Berawal dari kas masjid

Baca Juga:Bahaya Penyalahgunaan AI saat Pemilu, Polres Cianjur Menghimbau Agar Rakyat Berhati-hatiAbdel Fattah al-Sisi Kembali Jadi Presiden Mesir Ke 3 Kalinya

Pendirian Bank BRI dimulai dengan alasan untuk mengatasi kesulitan ekonomi orang pribumi pada saat itu. Dengan memanfaatkan kas masjid pengurus masjid dipinjamkan kepada masyarakat secara bergantian.

2.Menjadi bank tani dan nelayan

Pada saat itu, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 41 Tahun 1960 untuk membentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan hasil penggabungan antara BRI, Bank Tani Nelayan, dan Nederlandsche Maatschappij (NHM).

3. Memberikan layanan menggunakan kapal di wilayah 3T

Dengan adanya bank terapung tersebut, BRI mampu menyediakan layanan perbankan kepada penduduk di daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Teras BRI Kapal Bahtera Seva I bertugas melayani komunitas di Kepulauan Seribu, sementara Teras BRI Kapal Bahtera Seva II melayani daerah Labuan Bajo dan pulau-pulau kecil sekitarnya seperti Pulau Longos, Pulau Boleng, Pulau Seraya Besar, dan Pulau Rinca.
Selain itu, Bahtera Seva III melayani penduduk di wilayah Halmahera, sedangkan Bahtera Seva IV melayani masyarakat di Kepulauan Anambas.

4. Satu satunya bank yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri

Bank BRI menjadi satu-satunya bank yang mempunyai dan megoperasikan satelit sendiri. Diluncurkan pada 18 Juni 2016 di Guyana Prancis, BRIsat hingga saat ini sudah melayani lebih dari belasan ribu titik kantor BRI di seluruh Indonesia.

Itulah beberapa fakta unik Bank BRI, semoga bermanfaat.

0 Komentar