Makin Menggila! Houthi Serang Seluruh Kapal di Laut Merah Sampai Israel Berhenti Menyerang Gaza

Makin Menggila! Houthi Serang Seluruh Kapal di Laut Merah Sampai Israel Berhenti Menyerang Gaza
Makin Menggila! Houthi Serang Seluruh Kapal di Laut Merah Sampai Israel Berhenti Menyerang Gaza (ist/trenAsia)
0 Komentar

sumedangekspres – Makin Menggila! Houthi Serang Seluruh Kapal di Laut Merah Sampai Israel Berhenti Menyerang Gaza

Israel terus melakukan serangan di Jalur Gaza pada tanggal 19 Desember 2023, sementara gerakan Houthi pro-Palestina di Yaman bersumpah untuk melawan misi angkatan laut pimpinan AS dan terus menyerang sasaran yang dianggap terkait Israel di Laut Merah.

Kampanye Israel untuk mengatasi militan Hamas, yang dianggap bertanggung jawab atas pembantaian pada 7 Oktober, telah menyebabkan kerusakan di daerah pantai tersebut.

Baca Juga:Mengenal Sosok Mayor Teddy Indra Wijaya, Ajudan Prabowo yang Kepincut dengan Kecantikan Fuji20 Wisata Kuliner Di Subang Yang Wajib Kamu Coba!

Hal ini juga mengakibatkan kelaparan dan pengungsi yang meluas, serta menewaskan hampir 20.000 warga Gaza.

Dalam tekanan dari luar untuk menghindari pembunuhan terhadap warga tak bersalah, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa perang tidak akan berhenti hingga 129 sandera yang masih ditahan dibebaskan dan sampai Hamas dihilangkan, terutama setelah para pejuangnya membunuh 1.200 warga Israel.

Konflik ini telah meluas ke luar wilayah Gaza yang dikuasai Hamas, termasuk ke Laut Merah di mana pasukan Houthi yang bersekutu dengan Iran telah menyerang kapal-kapal menggunakan rudal dan drone.

Ini juga telah mendorong pembentukan operasi angkatan laut multinasional untuk melindungi perdagangan di wilayah tersebut, tetapi Houthi menyatakan niat mereka untuk melanjutkan serangan, bahkan kemungkinan dengan melakukan operasi laut setiap 12 jam.

“Posisi kami tidak akan berubah terhadap isu Palestina, baik aliansi angkatan laut dibentuk atau tidak,” kata pejabat Houthi Mohammed Abdulsalam, dan mengatakan hanya kapal Israel atau mereka yang berangkat ke Israel yang akan menjadi sasaran.

“Posisi kami dalam mendukung Palestina dan Jalur Gaza akan tetap ada hingga berakhirnya pengepungan, masuknya makanan dan obat-obatan, dan dukungan kami terhadap rakyat Palestina yang tertindas akan terus berlanjut.”

Ketika mengumumkan operasi angkatan laut tersebut, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, menyampaikan di Bahrain bahwa patroli bersama akan dilakukan di bagian selatan Laut Merah dan Teluk Aden, yang mencakup jalur pelayaran utama global dari Timur ke Barat.

“Ini adalah tantangan internasional yang menuntut tindakan kolektif,” katanya.

Baca Juga:Perang Rusia Ukraina Masih Berlanjut! Inilah Sejumlah Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia!Ofero Luncurkan Tiga Model Motor Listrik, Harganya Cuma 5 Jutaan Aja!

Perusahaan keamanan maritim Ambrey dari Inggris mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka telah menerima informasi tentang potensi upaya pemberontakan di kapal di sebelah barat kota pelabuhan Aden, Yaman.

0 Komentar